5 Langkah Tips Perbaiki SEO di Wordprees.com

Sebenarnya secara default wordpress.com sudah dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan Anda dalam keperluan SEO. Anda tidak perlu melakukan banyak hal agar artikel Anda bisa muncul di halaman hasil pencarian untuk kata kunci yang Anda targetkan. Itu mengapa saya setia menggunakan wordpress.com sebagai platform ngeblog sampai saat ini.

Tapi, saya masih sering membaca beberapa artikel dari blogger yang mengeluh betapa sulitnya artikel mereka tampil di halaman pertama Google. Pertanyaannya adalah bagian mana yang salah dalam menerapkan SEO?

Sayangnya, saya tidak bisa memberikan banyak gambaran untuk menjawab pertanyaan tersebut karena ada lebih dari 200 faktor yang digunakan oleh Google untuk memberi peringkat di halaman hasil pencarian. Saya hanya memprediksi 4 hal yang utama:

1. Blog Anda Minim Konten

Blog yang minim konten adalah blog yang memiliki sedikit postingan. Di mata Google, blog seperti ini tidak akan pernah stabil menempati halaman pertama. Jika blog Anda masih baru dan belum memiliki banyak konten, maka jangan terlalu serius memikirkan SEO. Sekeras apapun Anda mencoba, artikel Anda tidak akan pernah berhasil bersaing dengan blog lainnya.

Hal ini disebabkan faktor kepercayaan Google terhadap blog Anda masih belum terbangun. Sebelum Anda benar-benar melakukan optimasi, setidaknya blog Anda harus membuktikan diri terlebih dahulu kepada Google bahwa blog Anda adalah blog yang berkualitas.

Lalu, bagaimana kita mengetahui kalau suatu blog itu berkualitas?

Saat saya pertama kali belajar SEO, saya menggunakan cara yang sederhana, yaitu dengan melihat sitelink. Untuk sementara kita menggunakan standart “sitelink” saja (meskipun sebenarnya banyak tools yang memudahkan kita menganalisa kualitas suatu blog, Belum saatnya bagi Anda). Jadi, Anda harus berusaha keras untuk mendapatkan sitelink dulu sebelum bersaing dengan blog lain. Silahkan baca “cara mendapatkan sitelink dari Google”.

2. Tulisan Anda Tidak Berkualitas

SEO yang baik selalu didukung oleh tulisan berkualitas. Tanpa hal tersebut, Anda tidak akan pernah stabil duduk di halaman pertama Google. Di era saat ini, kualitas tulisan merupakan hal yang menjadi prioritas utama Google dalam menentukan peringkat di halaman hasil pencarian. Alasannya sederhana, Google hanya berusaha memberi pengalaman yang menyenangkan bagi para penggunanya.

Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula adalah menempatkan kata kunci secara membabi buta sehingga tulisannya tidak enak dibaca. Untuk sejenak, saya ingin Anda melupakan tutorial tidak jelas yang beredar di internet dan fokuslah untuk menulis artikel yang human friendly alias mudah dipahami oleh pembaca.

Selain itu, sebaiknya Anda membaca “alasan orang tidak mau membaca tulisan Anda”. Setelah membaca artikel tersebut, diharapkan Anda memiliki gambaran sederhana tentang bagaimana menyajikan informasi yang baik dan menarik.

3. Blog Anda Terlalu Banyak Memiliki Backlink Berkualitas Rendah

Dalam SEO modern, backlink masih menjadi salah satu faktor yang menentukan peringkat artikel Anda di halaman hasil pencarian. Meskipun begitu, secara berkelanjutan Google menyempurnakan kinerja mesin pencarinya berkaitan dengan backlink sehingga hanya backlink dari situs terpercaya saja yang mampu mendongkrak peringkat Anda.

Dulu, Anda bisa dengan mudah menempati halaman pertama Google jika memborbardir artikel Anda dengan banyak backlink. Masa itu telah berlalu. Saat ini, di era SEO modern, backlink yang berasal dari situs-situs spam, situs pornografi, atau direktori berkualitas rendah tidak akan menolong Anda mendapatkan peringkat yang Anda inginkan. Backlink yang buruk malah bisa menghancurkan semua upaya SEO yang Anda lakukan.

Lalu apa yang harus saya lakukan?

Jangan terburu-buru membangun backlink. Sebelum Anda menanam backlink di sebuah situs, pastikan situs tersebut tidak melanggar kebijakan yang ditetapkan Google. Juga jangan nyepam menggunakan anchor text yang sama berkali-kali agar Anda tidak terkena penalti penguin (kecuali brand atau nama Anda).

4. Anda Membidik Kata Kunci dengan Persaingan yang Tinggi

Kemungkinan terbesar mengapa tulisan Anda tidak muncul di halaman hasil pencarian adalah karena Anda menargetkan kata kunci yang persaingannya tinggi. Bukan karena blog Anda minim konten. Bukan karena tulisan Anda tidak berkualitas. Bukan pula karena Anda memiliki backlink yang buruk. Tapi diluar sana banyak blogger yang menargetkan kata kunci incaran Anda sehingga persaingannya tinggi dan sulit dimenangkan. Dengan kata lain, Anda kalah bersaing dengan blogger lain.

Beberapa Mitos Tentang SEO

Sebelum saya melanjutkan, ada baiknya Anda tidak mempercayai mitos-mitos yang beredar di internet tentang SEO. Berikut adalah mitos umum yang sering dibicarakan oleh blogger-blogger baru:

1. Blog Gratisan Sulit Menempati Halaman Pertama Google

Google tidak membedakan antara blog gratisan dengan blog berbayar (domain gratisan dengan domain TLD). Selama Anda patuh pada kebijakan Google dan tidak menggunakan cara-cara curang untuk mengelabui kinerja mesin pencari, Anda berkesempatan untuk tampil di halaman pertama Goolgle meskipun Anda menggunakan blog gratisan.

Sebagai contoh Anda bisa mengetik kata kunci berikut: “etika berkomentar”,”ngeblog itu menyenangkan”, dan “suka duka menjadi blogger”. Blog shiq4 mampu mengalahkan blog lainnya (blog berbayar) untuk kata kunci tersebut. Artinya, jika Anda memahami SEO dengan baik, bukanlah sebuah keniscayaan untuk mendominasi mesin pencari menggunakan blog gratisan.

2. Theme Premium Lebih Baik dari Theme Gratisan Dalam SEO

WordPress.com menyediakan 2 jenis theme, premium dan gratisan. Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa theme premium lebih SEO friendly dibanding dengan theme gratisan. Itu tidak benar sama sekali.

Dalam hal SEO, tidak ada perbedaan kode signifikan antara theme premium dan gratisan. Semua menggunakan code yang hampir sama. Lagipula pihak wordpress.com telah memfilter theme-theme yang baru (gratisan) dengan hati-hati sehingga theme tersebut sesuai dengan standart SEO dan terlihat profesional.

Satu-satunya keunggulan theme premium ada pada desain yang unik. Jika Anda mengelola blog perusahaan di wordpress.com, maka pilihan terbaik adalah membeli theme premium agar blog Anda tidak terlihat pasaran.

3. Url WordPress.com Tidak SEO Friendly

Sebagian besar orang mempercayai mitos url seperti “namablog.wordpress.com/judul-postingan” lebih SEO friendly dibanding dengan url “namablog.wordpress.com/tanggal/judul-postingan”. Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak.

Url yang diisi dengan nama postingan saja dianggap SEO friendly karena url pendek lebih baik daripada url yang panjang. Sedangkan url yang diawali dengan tanggal, kemudian diikuti dengan judul postingan memiliki performa yang lebih cepat ketika memproses database sehingga bisa meningkatkan kecepatan loading blog (kecepatan situs merupakan salah satu faktor penentu SEO). Jadi, kedua url tersebut sama-sama SEO friendly.

4. Kita Perlu Mengulang Kata Kunci Sebanyak Mungkin dalam Postingan

Bagi blogger baru, mungkin Anda pernah dengar istilah keyword density atau kepadatan kata kunci. Ada kepercayaan bahwa tulisan yang banyak mengandung kata kuncii visibilitasnya di mesin pencari menjadi lebih baik. Sayangnya, itu tidak benar.

Menggulang kata kunci tiga atau empat kali masih sangat wajar. Tapi menulis dengan memaksakan diri untuk menempatkan banyak kata kunci tidak akan membuat artikel bliog Anda muncul di halaman hasil pencarian. Kalau pun hal itu terjadi, biasanya bounce rate blog menjadi lebih tinggi. Dengan kata lain, pengunjung hanya menyukai konten yang ditulis secara alami dan wajar.

4 Langkah Mudah Memperbaiki SEO pada WordPress.com

Jika Anda berambisi untuk menempati halaman pertama Google, saya memiliki beberapa tips yang akan membantu Anda meningkatkan visibilitas blog Anda di mesin pencari. Simak tips-tips berikut:

1. Tulis Sesuatu

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah terus menulis artikel berkualitas sebanyak-banyaknya.

“Tunggu sebentar, apa hubungannya dengan SEO?”

Kenyataannya Google menyukai blog yang kaya konten. Semakin banyak postingan yang Anda terbitkan, semakin besar kemungkinan postingan Anda menempati halaman pertama Google. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki jadwal teratur dalam mempublikasikan tulisan Anda (Anda bisa membaca “seberapa sering harus update blog” untuk menentukan frekuensi update blog).

Selain itu, pastikan postingan Anda lebih dari 500 kata. Pengunjung menyukai tulisan yang padat dan berisi banyak informasi. Semakin lengkap postingan Anda ketika membahas suatu topik, maka semakin tinggi kepuasan pengunjung. Itu akan membuat mereka mengunjungi blog Anda secara teratur. Mereka akan berkunjung dengan cara langsung yaitu mengetikan alamat domain Anda di browser miliknya. Ini juga bagian dari teknik SEO.

2. Buat Kategori yang Bagus dan Tags yang Relevan

Tindakan sekecil apapun bisa sangat berguna untuk memperbaiki kinerja SEO secara keseluruhan. Sebelum Anda menekan tombol publish, pastikan Anda mengelompokan postingan sesuai dengan kategori yang bagus, serta memberi tags yang relevan.

Postingan yang tersusun rapi dalam kategori yang bagus dan tags yang relevan adalah bagian dari On-Site SEO yang sering diremehkan oleh blogger jaman sekarang. Mereka terlalu sibuk mencari backlink atau menyebarkan banyak link di media sosial (nyepam). Itu mengapa strategi SEO mereka mengalami kegagalan. Mereka lupa bahwa struktur website yang baik akan memudahkan pengunjung dan bot mesin pencari menjelajahi blog milik mereka. Jika hal itu terjadi, maka visibilitas blog pun menjadi lebih baik lagi.

Lebih dari yang Anda ketahui, beberapa orang sering mencari informasi melalui wordpress reader. Dalam hal ini, kategori dan tags yang sesuai akan membuat artikel-artikel Anda muncul di pencarian wordpress reader. Itu akan membuat blog Anda mendapat tambahan pengunjung. Fakta terbaiknya adalah hampir 30% pengunjung saya berasal dari wordpress reader (lihat statistik blog Anda, apakah ada yang berasal dari wordpress reader?). Anda juga bisa mendapat hasil yang sama karena sekarang Anda tahu rahasianya, betul?

3. Cari Follower Sebanyak Mungkin

 

Pada wordpress.com ada fitur followernya. Orang-orang yang menyukai blog Anda dan ingin mendapatkan informasi terbaru dari blog Anda bisa mengklik tombol follow untuk menjadi follower Anda. Setiap kali ada tulisan terbaru, wordpress reader akan memberitahunya. Jika tulisan Anda menarik, kemungkinan besar orang tersebut akan membaca postingan terbaru Anda.

Artinya…., semakin banyak follower, semakin banyak besar kesempatan Anda mendapat tambahan pengunjung.

Untuk mencari follower, Anda bisa mencari blog melalui wordpress reader Anda. Cobalah mencari blog yang masih berhubungan dengan tema Anda (ketikan kata kunci di kotak pencarian). Saat Anda menemukan apa yang Anda cari, klik tombol follow. Biasanya orang yang blognya Anda follow akan melakukan hal yang serupa dengan Anda. Ia juga akan memfollow blog Anda.

Dalam dunia blogging, aktif membangun pengunjung adalah bagian dari SEO yang terlupakan. Perlu Anda ketahui, blog yang memiliki banyak pengunjung biasanya akan berpengaruh positif terhadap SEO secara keseluruhan. Jadi, jangan remehkan peranan follower Anda.

4. Tinggalkan Komentar di Blog Lain

Setelah Anda menemukan blog yang sesuai, mulailah mengenalkan diri Anda dengan berkomentar di blog tersebut. Awalnya, orang-orang mungkin tidak menghiraukan Anda. Tapi, jika Anda konsisten meninggalkan komentar di blog orang lain, cepat atau lambat mereka akan menyadari keberadaan Anda. Dan itu bagus untuk perkembangan blog Anda.

Ada tiga manfaat yang bisa Anda peroleh jika berkomentar di blog orang lain:

Pertama, Anda akan mendapatkan backlink gratis. Ketika Anda masuk di akun wordpress.com Anda dan meninggalkan komentar, nama Anda akan secara otomatis menjadi sebuah link. Semakin banyak link yang menuju blog Anda, semakin populer blog Anda di mata mesin pencari. Itu akan cukup berpengaruh bagi SEO secara keseluruhan.

Kedua, Anda membuka kesempatan untuk mendapat pengunjung. Jika komentar Anda berkualitas dan menarik, orang yang membaca komentar Anda pasti tertarik ingin mengetahui siapa pemilik komentar tersebut. Viola…, dia akan mengklik nama Anda dan mengunjungi blog Anda.

Ketiga, menjalin hubungan baik dengan blogger lain. Di wordpress.com terdapat budaya untuk saling berkomentar. Ketika Anda meninggalkan komentar di blog orang lain, mereka juga akan meninggalkan komentar di blog Anda. Kotak komentar yang aktif akan membuat blog Anda tampak ramai dan hal tersebut akan meningkatkan kredibelitas Anda di mata pengunjung baru atau orang-orang yang tidak sengaja mengunjungi blog Anda.

5. Bagikan di Akun Media Sosial Anda

Terakhir, beberapa menit setelah Anda menekan tombol “publish”, jangan lupa untuk membagikan link postingan terbaru di media sosial Anda. Bagi blogger baru, cara ini mungkin tidak akan mendatangkan banyak pengunjung karena teman-teman Anda mungkin tidak tertarik dengan link yang Anda bagikan.

Tapi jika Anda teratur melakukannya, teman-teman Anda mungkin penasaran mengapa Anda aktif membagikan link-link di akun media sosial Anda. Saat hal itu terjadi, jangan malu, Anda bisa menceritakan bahwa Anda adalah blogger dan rutin menulis. Beberapa teman Anda mungkin akan rutin mengklik link yang Anda bagikan di masa yang akan datang. Bahkan, beberapa diantaranya mungkin tertarik untuk menjadi blogger juga.

penulis : Cak Shiq4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »