7 Hal Utama Kenapa Harus Update!

rakyatid

 

Sumber gambar: Firmansyah

Saat kita membicarakan mengenai frekuensi update blog, masing-masing bloger memiliki pandangan yang berbeda-beda.

Tergantung dari strategi dan kemampuan dalam memproduksi konten.

Ada bloger yang mengatakan update blog setiap hari adalah tindakan konyol, tapi ada sebagian lainnya yang justru menerapkan one day one post.

Tentu masing-masing strategi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan Anda bebas memilih bagaimana Anda mengelola blog Anda.

Tapi jika menurut pengalaman saya menerapkan satu artikel per hari untuk blog, yang juga merupakan saran dari bloger profesional, dan saya sudah melakukannya selama 9 bulan lebih, setidaknya saya melihat banyak manfaat positif.

Dan jelas bahwa saya ingin merekomendasikan penerapan one day one post bagi bloger-bloger di Indonesia agar blog cepat berkembang.

Masalah Utama: Kualitas Konten

Salah satu kelemahan terbesar dalam penerapan ODOP adalah kualitas konten yang menurun. Jika bloger yang bersangkutan masih pemula atau bukan penulis andal, hampir pasti tulisannya menjadi kacau.

Tentu para bloger berpikir dua kali jika ingin melakukannya. Jangan sampai ke gunung tak dapat angin, benar?

Namun berdasarkan pengalaman saya, hal tersebut hanya terjadi di masa awal saja. Ikuti peribahasa alah bisa karena biasa. Meski awalnya terjadi penurunan kualitas, cepat atau lambat, Anda akan beradaptasi dan mendapatkan kualitas plus kuantitas secara bersamaan.

Waktu yang Tepat untuk Melakukannya?

Jangan berpikir untuk update setiap hari selama setahun penuh sebagaimana saya. Karena saya pun melakukannya secara bertahap.

Sebelum mampu melakukan ODOP secara rutin, selama dua tahun sebelumnya saya rutin menerbitkan konten setiap dua atau tiga hari sekali.

Jika Anda masih pemula dan berniat mendapatkan hasil seperti saya, itu pasti ibarat menegakkan benang basah. Pengecualian hanya terjadi kalau Anda jenius.

Saran saya, lakukan ODOP selama sebulan penuh setiap 4 bulan. Itu berarti Anda bisa melakukan ODOP sebanyak 3 kali dalam setahun. Itu lebih realistis.

7 Alasan Penting di Balik Strategi Update Satu Artikel Per Hari

Semua orang butuh motivasi, latar belakang yang membuat lebih bersemangat ketika melakukan sebuah tindakan.

Jika Anda mengupdate blog setiap hari dan hutan sudah teramba, teratak sudah tertegak, maka Anda akan mendapatkan manfaat-manfaat berikut:

1. Deadline Membuat Anda Menjadi Penulis yang Lebih Baik

Bloger sebaiknya bersahabat dengan deadline. Agar menjadi penulis produktif dan lebih disiplin.

Menulis satu artikel setiap hari merupakan latihan terbaik untuk berkawan dengan batas waktu. Tekanannya membuat Anda mampu mengeluarkan kemampuan menulis terbaik Anda.

Anda akan terpacu sampai batas di mana Anda mengerahkan segalanya untuk tetap bermain. Setidaknya itu yang saya rasakan.

Perkembangan kemampuan menulis begitu terasa sangat signifikan setelah rutin menulis setiap hari.

Dengan catatan bahwa Anda melakukannya seperti esa hilang dua terbilang.

2. Meningkatkan Jumlah Pengunjung dan Penayangan

Membicarakan efek ODOP terhadap statistik blog, berdasarkan 9 bulan terakhir melakukannya, baik jumlah pengunjung maupun penayangan selalu menunjukkan peningkatan sepanjang waktu (kecuali di bulan Ramadhan).

Mungkin karena blog menjadi kaya konten sehingga pengunjung tidak langsung pergi begitu selesai membaca sebuah postingan, melainkan membuka halaman-halaman lain yang masih relevan.

Sedangkan jumlah pengunjung meningkat karena terjadinya kunjungan ulang dari pembaca setia. Mereka mungkin berpikir akan terus mendapatkan konten baru setiap saat sehingga rutin mengunjungi blog setiap hari (Lihat apakah ada peningkatan pada pengakses halaman utama).

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan jumlah pengunjung dan penayangan, cara termudah adalah menerapkan satu hari satu artikel.

3.Dapat Mendominasi Mesin Pencari

Jika Anda sering menggunakan Google untuk mencari informasi berkaitan dengan tips menulisdan tips ngeblog, maka Anda pasti pernah menemukan postingan-postingan dari blog ini.

Begitu pula untuk beberapa kategori lainnya meskipun jumlahnya masih sedikit.

Saya sedang berusaha mendominasi mesin pencari. Semakin banyak konten yang dipublikasikan, semakin banyak kata kunci yang tersebar. Dan semakin besar peluang untuk tampil di halaman pertama mesin pencari.

Lagipula Google sangat menyukai konten-konten fresh. Dengan asumsi konten Anda bermutu tinggi, tinggal menunggu waktu untuk tampil di halaman pertama Google.

4. Membangkitkan Kreativitas

Menulis dengan cara yang sama berulang-ulang dan dilakukan setiap hari bisa tampak membosankan. Segera setelah Anda mahir melakukannya, Anda akan merasakan kekosongan dan butuh tantangan baru yang lebih menggairahkan.

Dengan menerapkan ODOP, Anda dapat membangkitkan kreativitas yang selama ini tersembunyi atau membuat Anda berpikir untuk menulis dengan gaya yang berbeda.

Mungkin menambah peribahasa, menulis dengan lebih efektif, menambahkan data-data pendukung, atau bumbu apapun yang bisa menyempurnakan karya-karya Anda.

Selain bisa mengasah kemampuan menulis dengan berbagai kosakata baru, kreativitas Anda akan lebih meningkat tanpa Anda sadari sehingga kualitas tulisan menjadi lebih bermutu dibanding karya-karya Anda sebelumnya.

Anda hanya perlu mengumpulkan keberanian untuk mencobanya. Hanya jika Anda ingin berkembang ke level yang lebih tinggi.

5.Memberi Banyak Pilihan Bacaan Kepada Pengunjung

Mungkin pembaca setia tidak akan terkesan dengan kekayaan konten Anda karena mereka setia mengkonsumsi konten yang Anda sajikan sejak beberapa minggu sebelumnya.

Tapi bagi first time visitor, kekayaan konten merupakan satu hal mutlak untuk mengkonversi mereka menjadi pembaca setia berikutnya, pengikut, atau subscriber.

Bukan meremehkan, tapi jika ada pengunjung datang ke blog dan hanya menemukan sedikit konten, apalagi konten-konten generik, mereka tidak akan terkesan dan tidak akan mengingat blog Anda.

Rutin menulis satu postingan per hari memberi Anda kesempatan untuk mengesankan pengunjung baru dan memberi mereka banyak pilihan bacaan agar mereka menjadi lebih loyal di masa depan.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Sifat perfeksionis bisa jadi boomerang. Takut tulisan jelek, minder, takut salah, itu hanya ada di dalam pikiran Anda.

Ketika Anda memberanikan diri dan bekerja keras, kemudian mampu rutin menerbitkan konten setiap hari, Anda akan menyadari semua ketakutan Anda tidak berdasar dan menjadi lebih percaya diri dengan tulisan-tulisan Anda.

Anda bisa mengakses “8 Cara Menumbuhkan Kepercayaan Diri dalam Menulis” jika masih merasa rendah diri dengan kemampuan Anda sebelum mencoba ODOP.

7. Mengundang Lebih Banyak Backlink

Penghargaan tertinggi bagi para bloger adalah backlink. Selain berfungsi meningkatkan popularitas blog, backlink juga pertanda bahwa tulisan kita sudah bagus dan berada di jalur yang benar sehingga bloger lain merekomendasikannya.

Dengan semakin banyaknya konten, tentu kesempatan mendapatkan backlink semakin terbuka lebar.

Mungkin bloger lain me-reblog tulisan kita, mengutip opini kita, menyetujui pendapat kita, atau menambahkan kekurangan dalam tulisan kita.

Apapun tujuannya, yang jelas Anda mendapatkan backlink secara cuma-cuma dari bloger lain yang mengapresiasi tulisan Anda.

Karena saya sering mendapatkan backlink secara cuma-cuma. Bukan tanpa alasan, penyebabnya karena bloger lain bisa menggunakan berbagai informasi yang tersedia di blog ini untuk menyempurnakan karyanya.

Anda pun akan mendapatkannya seiring dengan kekayaan konten blog Anda yang semakin bertambah.

Hendak Menggaruk Tidak Berkuku?

Anda mungkin mengatakan murah di mulut, berat di timbangan. Mengatakan mungkin mudah, tapi bagaimana melakukannya?

Berikut adalah postingan-postingan yang bisa membantu Anda mewujudkannya :

Apakah Anda ingin mencoba menulis satu artikel per hari? Mengapa tidak atau mengapa ya? Bagikan di kotak komentar.

Penulis: Cak Shiq4

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *