Botol Recycle Dapat Duit

 

Mencari supermarket untuk membeli kebutuhan sehari-hari di Copenhagen,Denmark. Banyak pilihan supermarket ada Fakta,Netto,Lidl,Meny,Aldi dan mungkin banyak lagi yang belum disebutkan.

 

Di daerah tempat saya menginap, ada supermarket Netto. Untuk kelengkapan setiap hari, sayuran,makanan kecil,aneka jenis minuman,aneka daging,susu,buku,semuanya tersedia dalam jumlah yang cukup.

 

Ada yang membuat saya tertarik ketika kedatangan pertama kali ke supermarket, apa yang dilakukan orang -orang mengantri panjang pada sebuah mesin?

Kalau anda menjawab ingin mengambil uang tunai,saya pikir tidak?
Kalau anda pikir mau membeli token listrik ataupun membeli pulsa,saya pikir juga bukan itu ?Apakah memesan air galon?

Obrol -obrol tentang air di negara Denmark. Untuk konsumsi air minumnya sudah dapat digunakan langsung oleh warga negaranya,karena sudah melalui proses teknologi canggih dan juga sistem kebersihan standard internasional. Bagaimana ya rasanya tidak membeli air galon untuk dirumah?
Pastinya lebih hemat.

Untuk segala jenis minuman air mineral yang kita jumpai di supermarket dan mal harganya dua kali lipat lebih mahal, untuk 2L air mineral harganya sekitar dua puluh ribu rupiah sampai dengan lima puluh ribu.

Untuk minuman alkohol,anda dapat membelinya dengan sangat terjangkau. Tidak usah membelinya secara sembunyi-sembunyi karena disini dapat dibeli mudah dari minuman berakohol rendah sampai alkohol 40% tetapi ingat semuanya harus bisa dipertanggung jawabkan dan pembeli harus sudah orang dewasa. Anak-anak tidak diperbolehkan dan semua pembeli harus menunjukkan identitas.

Stop jangan buang kaleng-kaleng bekas bir anda dan botol plastik bekas minuman air mineral anda,karena semua dapat ditukarkan. Tetapi hanya yang mempunyai tanda khusus golongan plant A,B,C, anda bisa melihatnya disamping botol.

Kaleng logo A no

Jadi jawaban adalah,mereka antri untuk memasukan kaleng dan botol dalam sebuah mesin yang akan membaca barcode,setelah itu mesin akan scan seluruh bentuknya,apabila ada kaleng dan botol yang rusak,tentu saja mesin akan menolak.

Mesin recycle hanya akan mengambil botol yang bagus,setelah itu akan mengeluarkan berapa jenis botol yang tidak masuk kualifikasi layak recycle dan si penukar dapat menunggu beberapa saat.

Lalu keluarlah struk penukaran berisi nominal uang,tergantung banyak atau sedikitnya anda menukarkan botol dan kaleng bekas anda.Kertas ini menjadi alat pembelian yang sah,tentu saja dapat juga diuangkan,anda hanya perlu berjalan ke kasir dan menunjukkan struk tersebut.

Bagaimana menurut anda,masih mau membuang barang-barang bekas?

Anda punya cerita lain tentang pengelolaan sampah plastik ditempat anda?

Selamatkan lingkungan,mereka rusak karena kita manusia yang melakukannya?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *