Cara semai bibit cabai merah

Untuk mendapatkan bibit cabai merah yang unggul dan tahan hama penyakit kita sebagai petani,harus hati-hati dalam tata cara menyemai bibit pertama dari bijinya..Pastikan setelah umur 21 hari sudah mulai pindah ke lahan Utama (kebun)

langkah-langkah nya akan saya coba jelaskan disini teman teman :

1.Bibit Hybrida Amplop

Kali ini saya pakai jenis hot chili dari seminis Corp, saya memilih ini karena di nilai adaftasi lingkungan nya cukup bagus dan cocok dengan area ketinggian dimana saya melakukan kegiatan bertani

yang hibrida di rendam dalam air hangat kuku selama 24 jam.dengan di campur larutan ZPT (zat perangsang Tumbuh) kali ini saya pakai bermerk ATONIK.. Dengan Konsentrasi larutan Larutan rendah. Untuk dosis konsentrasi bisa di baca pada label botol tersebut.

2.Pemeraman

Setelah 24 jam bibit cabai yang telah di rendam 24 jam tersebut di tiriskan dan di bungkus dengan kain berbahan kaos selama 24 jam,

3.Media Semai

siapkan media untuk penyemaian bibit (Complong daun pisang) ukuran sekitar 3cmx4cmx3cm

dan di isi tanah 3/4 bagian complong tersebut. Setelah menyiapkan sekitar 1500 buah complong dan di isi tanah kita jejerkan complong tersebut pada rak khusus yang kita buat ukuran bebas,bagaimana situasi kondisi yang ada.  kmudian kita taruh semua bibit cabai yang di bungkus kain berbahan kaos kita ke dalam piring datar atau bisa berupa pisin..kecil untuk memeprmudah proses memasukan biji bibit cabai tersebut. Masukan bibit cabai tersebut kedalam complong daun pisang tersebut satu persatu

 

Setelah selesai semua kemudian Tutup permukaan barisan complong tersebut dengan tanah

4.Penutupan Media semai

caranya kita ambil ayakan berbahan bambu atau bebas …supaya tanah partikel kecil yang menimbun di atas permukaan jejeran complong bibit tersebut. taburkan serata mungkin..

4.Penutupan Matahari

Tutup permukaan jejeran bibit tersebut dengan kain spanduk atau bebas…supaya tidak terkena matahari langsung dan harus dijaga selalu lembab Selama 3 hari biasanya..Setelah 3 hari biasanya kecambah bibit cabai sudah mulai tumbuh..ketika bibit sudah mulai tumbuh dan berbelah daun angkat kain  penutup media tersebut.

dikarenakan bibit Yang sudah tumbuh bakal daun sudah mulai membutuhka

n cahaya matahari sekitar 30%

5.Bibit di jaga dan di rawat dari serangan hama dengan melakukan penyemprotan fungisida dan insectisida seperti biasanya,,sampai umur 21 hari..begitu berumur 22 hari penanaman ke lapangan luas sudah harus di proses.

Untuk menjaga Keseragaman tumbuh di upayakan semua penanaman harus selesai dalam waktu 1 hari.

 

Note : fungisida,insectisida,pengolahan lahan akan saya coba jelaskan pada posting berikutnya

Semoga pengalaman saya dapat bermanfaat..

 

Wasalam

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *