Cek Payudara Anda Sendiri

Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit yang harus dideteksi sejak dini keberadaannya, diantara umur wanita remaja antara 30 tahun sampai dengan 65 tahun. Ada satu masa dimana kanker payudara menunjukan bahwa payudara sangat terbatas pada wanita yang sudah mengalami masa purna kesuburan atau menopause ( post-menopuse). Jika saja penyakit kanker payudara ini ditemukan lebih dulu dalam tubuh seorang wanita, kemungkinan penyakit kanker ini dapat disembuhkan. Dari beberapa hasil penelitian, bahwa wanita yang menemukan penyakit kanker sejak awal, dapat menjalani kehidupannya sampaiĀ  25 tahun lagi dan kemungkinannya akan lebih panjang lagi,serta kemungkinan akan menjalani masa manula seperti biasanya wanita lainnya.

 

Dari segi penelitian dan kesehatan dapat ditentukan melalui pola hidup, pengobatan,perawatan dari segi negatifnya, bahwa kemungkinan hidup tidak dapat ditentukan. Tetapi pada inti semangatnya adalah mengetahui kehadiran kaker payudara itu sejak dari awal,sehingga semuanya diatasi secara maksimal adanya.

Beberapa cara untuk mengecek kehadiran kanker payudara didalam tubuh anda:

Biasanya bentuk payudara akan mengalami perbedaan ketika dalam waktu menstruasi dan memasuki masa menopause. Pengecekan payudara dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan kedua tangan dan merasakannya dengan perlahan-lahan didaerah sekitar payudara anda. Dalam keadaan kendur tersebut, pemeriksaan akan dapat dilakukan secara maksimal, teliti dalam pemeriksaan akan memudahkan anda uuntuk menemukan tanda-tanda kaker payudara.

  1. Berdiri di depan cermin : Pastikan pencahayaan tepat,tidak gelap. Karena bagus untuk penglihatan didaerah payudara anda. Buka baju setengah pinggang, amati dan sentuh payudara anda sendiri. Biasanya ukuran payudara wanita akan mengalami perbedaan ukuran, pada bagian payudara sebelah kanan akan lebih besar. Perlu diingatkan kembali dalam keseriusan penglihatan, cari perbedaan ataupun perubahan mencolok yang bisa terlihat disekitaran payudara ( warna,bentuk dan puting payudara)
  2. Menggunakan tangan anda, lakukan gerakan memutar di daerah bagian payudara serta rasakan secara perlahan, periksa hal-hal yang tidakbiasa terjadi pada tubuh anda, karena hanya anda yang mengetahuinya. Lalu tekan secara perlahan kearah luar, apakah ada cairan yang keluar dari putting payudara. Coba pencet secara perlahan,putting anda untuk lebih memastikannya kembali secara berulang,apakah ada cairan yang keluar.
  3. Dengan ujung jari sendiri, kesehatan wanita serta stamina sempurna dapat dilakukan. Dan ini merupaka suatu diagnose penyelamatan terbaik bagi setiap wanita. Dan jika seorang wanita mengira ada sesuatu yang menonjol pada payudaranya, ia harus segera cek payudaranya ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate Ā»