FAQ: Kapan Google Terindeks Backlink

 

Sumber Gambar:https://www.herugan.com/backlink-seo-terbaik-dengan-teknik-link-building-dan-tier-backlink

SEO merupakan bagian tidak terpisahkan dari kehidupan bloger. Kita selalu berusaha memastikan konten-konten yang kita terbitkan memiliki visibilitas yang tinggi di mesin pencari.

Salah satu tugas penting untuk memaksimalkan kinerja SEO adalah mendapatkan backlink.

Backlink bekerja seperti vote bagi Google. Semakin banyak backlink, semakin mudah halaman yang kita optimasi muncul di SERP sesuai kata kunci yang kita bidik.

Tapi ada satu pertanyaan yang selalu bagai duri dalam daging bagi setiap bloger :

Berapa lama backlink akan terindeks Google dan memberikan efek bagi halaman yang kita optimasi?

Itu juga merupakan pertanyaan yang diajukan oleh salah satu pengunjung blog Shiq4 kemarin.

Menurut Inbound.org, hal tersebut sangat bergantung pada kualitas situs yang memberi kita backlink. Semakin tinggi nilai otoritas situs, semakin cepat backlink-backlink di dalamnya terindeks. Itu mengapa menjadi penulis tamu di situs terkenal dan menanam backlink lebih cepat memberikan hasil dibanding metode lainnya.

Setidaknya butuh waktu 1-2 minggu agar backlink tersebut terindeks.

Tools untuk Mengecek Backlink

Di luar sana banyak tools untuk mengecek backlink. Mana yang terbaik?

Menurut beberapa webmaster, ahref adalah yang terbaik karena lebih cepat terupdate dibanding dengan tools lainnya.

Dengan menggunakan tools, Anda bisa memastikan bahwa backlink yang ada merupakan link do followyang memberi poin. Anda juga bisa melihat di mana saja kompetitor Anda mendapatkan backlink dan dapat menanam backlink di tempat yang sama.

Beberapa tools lainnya yang terkenal dan bisa Anda coba adalah Moz dan Majestic.

Backlink Saya Tidak Terindeks. Mengapa?

Anda mungkin lelah menunggu. Tapi backlink Anda tidak kunjung terindeks. Apa yang terjadi?

Ada yang berpendapat, sekalipun backlink tersebut tidak terindeks di tools yang Anda gunakan, tapi Google tetap menghitungnya dan mengkalkulasikan nilainya untuk halaman tujuan link. Hanya saja karena nilainya bagai rambut dibelah tujuh, Tools-Tools pengecek backlink tidak menyertakan backlink Anda.

Atau ada kemungkinan backlink yang Anda tanam bukan backlink yang bagus. Misalnya backlink-backlink dari sosial profile dsb. Biasanya tidak mungkin terindeks.

Bisa juga karena situs di mana terdapat backlink Anda memberi attribut “noindex” pada halamannya sehingga bot Google tidak akan pernah mengindeksnya.

Tapi jangan khawatir, backlink-backlink yang saya tanam pun tidak pernah muncul di tools SEO, tapi dua halaman percobaan saya bisa muncul di urutan pertama Google.

Anda bisa mengecek halaman tersebut :

Catatan : Pastikan backlink Anda termasuk backlink yang berkualitas.

Cara Mempercepat Proses Pengindeksan Backlink

Saya mendapat taktik cara mempercepat proses pengindeksan backlink yang bisa Anda coba dari Gotch SEO.

Berikut tipsnya :

  1. Biarkan Saja. Langkah pertama adalah membiarkan terjadi secara alami. Jika Anda mendapatkan backlink berkualitas, maka ini bukan masalah.
  2. Bangun Tier Two Link. Taktik pengindeksan terbaik selanjutnya adalah membangun tier two link. Anda bisa membaca halaman ini untuk mempelajarinya.
  3. Ping Backlink Baru Anda. Melakukan ping tidak memiliki risiko buruk. Gunakan 24/7 pinger, ping farm, Bulkping.com, atau BacklinkPing.com. Gunakan salah satunya saja.
  4. Gunakan Linklicious. Versi gratis Linklicious bekerja dengan baik sebagai langkah awal dan akan mengindeks beberapa tautan Anda. Meski, seperti melakukan ping, kemungkinan tidak akan cukup mengindeks semua backlink Anda.Kirimkan saja backlink Anda sekali ke layanan ini.
  5. Gunakan Web 2.0. Gunakan blogger.com. Buat postingan baru berisi maksimal 10 link menuju URL tempat backlink Anda. Ini akan membuat Google segera mengcrawler halaman tempat backlink Anda. Ketika backlink Anda sudah muncul, hapus link-link dari web 2.0 untuk menghapus footprint.
  6. Gunakan Sosial Signal. Pergi ke PBN Butler dan pesan sosial signalSosial signal tidak hanya membantu mengindeks link Anda, tapi juga meningkatkan Trust.

Apakah Anda punya cara lain untuk mempercepat pengindeksan backlink? Bagikan di kotak komentar.

Penulis : Cak Shiq4

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *