Fungsi Pisau & Jenis Pisau Masak

fungsi pisau masak

 

Sumber gambar : centralhouseware.com

Pisau adalah alat untuk memotong sebuah benda, lunak ataupun keras. Tetapi pada jaman sekarang ini tidak menutup kemungkinan, sebuah pisau mempunyai fungsi yang banyak dan beragam jenis rupa bentuknya. Pada kesempatan ini, saya akan menuliskan tentang jenis pisau untuk memasak dan memotong. Sebelum kita melakukan aktifitas memasak, ada baiknya kita mengetahui beberapa jenis pisau dan fungsingnya. Pisau-pisau ini biasanya digunakan oleh para juru masak untuk mendapatkan irisan dan potongan yang sempurna.

Hitunglah berapa banyak pisau yang anda miliki di dapur kesayangan anda, apakah pisau-pisau itu masih berfungsi dengan baik ketajaman, kesehatan dan bentuknya. Untuk melihat pisau dengan baik, anda harus melihat bilah pisau dan gagang pisaunya, bagaimana kondisinya ? apabila sudah tidak berfungsi dengan baik, segeralah buang ketempat sampah, karena akan berbahaya untuk anda gunakan.

Ada banyak fungsi dan beragam jenis pisau, untuk kesempatan waktu ini saya akan membahas tentang lima macam pisau dan kegunaannya ;

1.Paring Knife.

 Sekilas mungkin terlihat seperti biasa namun Paring Knife sangatlah mudah dibedakan dalam bentuk nyatanya. Memiliki bentuk yang lebih sederhana dengan tepi pisau yang jauh lebih kecil. Bahkan panjangnya saja hanya berkisaran 5-10 cm, pisau ini sangat membantu tugas koki dalam hal mengupas buah, memotong sayuran, memisahkan kulit udang, sampai membuat hiasan halus pada makanan.

2. Meat Cleaver.

 Pisau dapur satu ini cukup sering nampak di beberapa film horor yang dimana sang pembunuh menggunakan pisau besar untuk memotong daging korban. Singkatnya adalah sebuah golok daging pisau ini memang berfungsi untuk memotong daging sebagaimana namanya. Mungkin karnea namanya inilah, film-film horor sering menunjukkan pembunuh yang menggunakan pisau ini.
Meat Cleaver termasuk pisau dapur ukuran besar dan juga berat. Berat pisau ini memungkinkan koki untuk memotong daging dalam sekali ayunan. Tidak hanya daging saja yang bisa dipotong, bahkan tulang yang keraspun sanggup dipotong olehnya. Inilah sebabnya tukang daging banyak yang memilih pisau ini.

3. Bread Knife.

 Sesuai dengan namanya, Bread Knife ini sangat efektif untuk memngiris roti namun tidak sampai menghancurkan roti tersebut. Memiliki ukuran pisau yang lebih panjang dan bergerigi dibandingkan pisau-pisau lainnya.
Bread Knife sendiri dapat dibagi menjadi 2 jenis pegangan, yang pertama adalah Bread Knife dengan pegangan klasik sedangkan satunya adalah pegangan offset. Bread Knife dengan pegangan offset membuat koki dapat mengiris roti menjadi lebih mudah tanpa khawatir jari akan akan terkena alas potong. Singkatnya pegangan offset adalah pegangan yang lebih tinggi.

4.Utility Knife.

 Pisau dapur satu ini memang terlihat mirip dengan Chef’s Knife, namun jika dilihat secara seksama akan terlihat jelas perbedaannya. Pisau ini memiliki bentuk yang lebih besar dari Paring Knife yakni pisau untuk memotong buah dan sejenisnya, namun ukuran Utility Knife ini lebih kecil daripada Chef’s Knife. Di dunia masak memasak, Utility Knife merupakan pisau dapur yang paling sering digunakan oleh para koki. Pisau ini merupakan pisau standar yang biasa digunakan untuk segala potongan ringan serba guna dari memotong sandwich sampai mengiris daging.

5.Chef’s Knife.

Sedikit lebih besar dari Utlity Knife di atas, Chef’s Knife atau Pisau Koki ini adalah salah satu pisau dapur multiguna yang sangat sering digunakan untuk potong memotong. Namun tidak seperti namanya, saking popularnya, pisau ini tidak hanya digunakan oleh koki namun juga oleh banyak sekali orang. Di kehidupan sehari-hari pisau ini dapat digunakan untuk banyak sekali hal dimulai dari memotong, mengiris, membentuk potongan menyerupai kubus, hingga memotong bahan makanan sampai bentuk-bentuk yang kecil (biasanya sayuran).
Penulis : Tommy Vicentty/rid
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *