Gagasan Alat Permainan Untuk Anak Kecil?

Bermain dengan anak-anak begitu menyenangkan dengan segala kelengkapan permainan anak-anak yang sudah mulai banyak ragam alat permainannya. Bagaimana gagasan untuk membuat alat permainan anak-anak yang tidak membosankan?

 

Suatu saat pasti akan terjadi, ketika permainan anak-anak sudah mulai tidak disukai karena beberapa hal; tidak ada tantangan permainan dalam alat peraga tersebut, tidak mempunyai nilai edukasi, tidak menghasilkan ketrampilan secara matang bagi anak. Dengan kesibukan orang tua pada waktu sekarang ini, seringkali anak-anak hanya dapat bermain dalam kelompok kecil didalam ruangan bermain ber air conditioner, mendapatkan permainan yang sudah menjadi bentuk sehari-hari digunakan, tidak terbiasa menggunakan imajinasinya untuk memainkan sebuah mainan yang menunjang proses kreatifitas anak.

 

Hal pengalaman anak akan dimulai ketika sebuah alat-alat permaian dihadirkan secara halus dan tidak menimbulkan keributan, menurut saya akan mempengaruhi  pola perkembangan anak secara alamiah, dimana anak-anak tersebut tidak akan menolak apapun yang telah diberikan kepadanya untuk mengolah cipta,rasa,karya, karena ketidaktahuan awal sebagai anak-anak. Berbeda dengan kegiatan bermain, alat-alat permaian yang dilakuakn diluar ruangan permainan.

 

Perbedaan sangat jelas sekali ketikan bentuk alat-alat permaian diluar ruangan bersaing dengan alat permainan, kondisi di dalam ruangan. Sifat persaingan, keakraban, persahabatan, tanda cawa akan lebih terlihat di kondisi diluar ruangan, karena sifat dan kebiasaan dari setiap anak untuk mencoba bersaing, berbagi, berkeadilan, berkelompok, berkorban, berbicara dan menggunguli dari anak lainnya. Ikatan emosional akan terlihat sangat jelas dengan bertemuanya anak dengan anggota kelompok lainnya.

 

Hal ini akan berlaku terbalik ketika anak diberikan untuk bermain didalam ruangan, membuat mereka akan selalu teratur,patuh,tidak berisik,tidak menggangu aktifitas orangtuanya dan menyendiri. Akan dengan mudah terbentuknya sosial yang berbeda dari anak-anak lainnya. Ketika banyak penciptaan permainan tidak melewati proses kreatif akan mengakibatkan hal yang kelak akan merugikan orangtua.

 

Anak-anak menjadi ide imajinasi orang dewasa untuk membuat sebuah bentuk alat-alat permainan  yang mempunyai multifungsi tidak hanya mempunyai satu fungsi, yang nantinya anak-anak akan mendapatkan keberanian, saling pengertian,penuh kasih sayang, rasa bersaing, sikap bertanggung jawab, menarik, selalu ingin dicoba oleh anak-anak, penuh canda tawa dan bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ¬Ľ