Jenis Pisau Memasak

jenis pisau/rakyatpunyacerita/rakyatid

 

Kembali menyelesaikan tulisan tentang beragam jenis pisau dan fungsinya, banyak sekali pisau yang harus diketahui ketika kita sebagai profesional sebagai juru masak. Karena dengan pengetahuan jenis pisau, akan lebih mudah kita untuk berkaraya, berseni serta menyajikan makanan kuliner sempurna.
Makanan akan enak dilihat lalu disajikan lengkap di meja makan, pasti akan memuaskan para pelanggan. Apalagi dijaman sekarang ini, pastinya pelanggan akan mengupload terbih dahulu makana yang disajikan ke medsos, lalu mulai merasakan rasanya. Hal ini tidak akan terjadi dengan baik apabila tidak menggunakan perlengkapan dapur yang sesuai fungsinya.
Untuk kelengkapan tulisan, saya akan menambahkan beberapa jenis pisau lainnya, ada beberapa jenis pisau yang akan selalu digunakan, yaitu :
Fluting Knife
Jangan berpikir bahwa pisau dapur pendek ini tidak memiliki kegunaan apa-apa di dapur karena pendapat itu salah besar. Dengan panjang kisaran 5-10 cm, pisau ini telah banyak membantu koki untuk membuat hiasan pada piring makanan agar terlihat indah dan menarik.
Meskipun tergolong pisau yang pendek, Fluting Knife ternyata memiliki bentuk yang sedikit lebih tajam dan berlekuk bila kita bandingkan dengan Paring Knife. Jika tidak ada pisau ini, mungkin saja tidak akan ada hiasan indah pada makanan Anda.
 Slicing Knife
Ingin pisau yang dapat digunakan untuk memotong daging unggas maupun ikan? Jawabannya adalah Slicing Knife. Dengan ukuran yang cukup panjang, Slicing Knife adalah salah satu jenis pisau dapur yang seperti namanya sangatlah cocok untuk digunakan memotong. Pisau dapur ini juga yang biasa digunakan oleh para koki jika menginginkan potongan sempurna saat memotong daging. Memiliki karakteristik yang panjang dan memiliki mata pisau yang tipis namun tajam.Tidak hanya digunakan untuk memotong, pisau ini juga digunakan untuk mengiris daging.
Boning Knife
Dengan bentuk pisau melengkung dan mengecil di bagian ujung, merupakan ciri khas dari pisau Boninig Knife. Pisau dapur jenis ini adalah pisau yang dapat membantu Anda dalam hal memisahkan daging dari tulangnya. Boning Knife ini memang sengaja dibentuk melengkung agar para koki memiliki kontrol yang lebih baik untuk memotong berbagai macam jenis daging dengan seksama.
Vegetable Cleaver
Memiliki bentuk yang mirip dengan Cleaver Meat, Vegetable Cleaver merupakan pisau dapur yang digunakan oleh para koki untuk memotong sayur-sayuran. Yang membedakan Vegetable Cleaver dengan Meat Cleaver adalah mata pisaunya. Vegetable Cleaver memiliki mata pisau yang jauh lebih tajam dari Meat Cleaver.
Pisau dapur ini dapat dengan mudah membantu pekerjaan koki untuk memotong sayuran dan memasukannya ke dalam panci atau mangkuk.
Mincing Knife
Mincing Knife, begitulah pisau dapur ini dinamakan. Melihat bentuk pisau yang aneh ini mengingatkan kita akan bentuk pisau yang digunakan pada alat pancung jaman dahulu. Namun jangan takut, karena pisau satu ini tidak digunakan untuk memancung kepala orang melainkan lebih untuk mencincang sampai halus.
Pisau melengkung ini digunakan oleh para koki untuk memotong-motong bahan makanan yang biasanya sayuran. Cara menggunakannya dengan memegang gagang pisau dengan kedua tangan, dan menggerakannya ke kiri dan kanan sampai sayuran yang ingin dipotong menjadi halus.
Penulis : Tommy Vicente/rid
Terimakasih telah membaca & semoga bermanfaat.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *