Legalisasi Akte Kelahiran Kemenkumham

 

Sekarang sudah mudah untuk mengerjakan dokument legalisasi secara online dan dapat dilakukan sendiri, bagaimana caranya, dimana tempatnya, apasaja yang perlu dibawa dokumentnya, persiapaan apa saja yang harus dilakukan :

 

Mengurus Legalisasi akte lahir
 Setelah melengkapi dokumen persyaratan dan mendapatkan cap stempel biru copy di lembaga akte lahir oleh disdukcapil, tahapan berikutnya adalah mengerjakan legalitas di Kemenkumham, sebelumnya anda harus melengkapai ke Disdukcapil yaa.
Dimanakah alamat Disdukcapil Jakarta Timur ?
 Jl. Cipinang Baru Bunder, RT.2/RW.18, Cipinang, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13240
Membawa apa saja ke Disdukcapil ?
1. Akte lahir asli + Akte lahir copy sebanyak 10 lembar
2. Kartu Keluarga + Copy
3. Materai 6000
Apa saja yang anda dapatkan ketika anda telah selesai mengurus akte kelahiran di Disdukcapil ?
1. Anda telah membawa copy akte lahir sebanyak 10 lembar (persiapan untuk kebutuhan lainnya agar tidak perlu kembali lagi).
2. Pihak yang berwenang telah memberikan cap/stempel berwarna biru. Berarti sudah di konfirmasi dengan baik data-data akte kelahiran anda.
Dimanakah tempat legalisasi dokumen ?
Dahulu legalisasi dilakukan di gedung Kemenkumham yang berada di Jalan H.R Rasuna Said, gedung AHU. Tetapi saat ini sudah pindah alamatnya untuk semua keperluan legalisasi dokumen.
“Demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memindahkan loket pelayanan administrasi hukum ke Gedung Cik’s, Jalan Cikini Raya No 84-86, Menteng, Jakarta Pusat. Kepala Bagian Humas dan TU Ditjen AHU, Delmawati mengatakan berpindahnya ruang pelayanan dari lantai 3 Gedung Ex Sentra Mulia ke Cikini demi memberikan pelayanan yang lebih intensif kepada masyarakat.
 Apabila menggunakan transportasi Kereta Api?
Cukup mudah mencarinya, apabila anda menggunakan transportasi kereta api, gedung tersebut berada di samping stasiun kereta api Cikini, anda menyeberang lalu terlihat gedung CIK, samping pasar jaya.
Kalau menggunakan kendaraan pribadi, bagaimana ya?
Apabila anda menggunakan kendaraan roda empat, setelah melewati Taman Ismail Marzuki atau Institut Kesenian Jakarta yang terletak di sebelah kiri jalan, anda hanya membutuhkan waktu lima menit untuk jalan terus ke depan. Berhati-hatilah karena Lokasi ada disebelah kanan jalan. Di depan Pom bensin Cikini. Apabila anda melewati fast Food KFC berarti anda sudah terlewat.
Jam berapa baiknya untuk mengurus legalisasi dokumen ?
Datanglah lebih awal, agar urusan anda cepat selesai. Tetapi ada waktu terbaik untuk mengurusnya asal anda bisa menunggu konfirmasi jawaban dari pihak Kemenkumham, agar anda tidak membuang waktu percuma.
Apa yang saya harus lakukan apabila sudah sampai di gedung Pelayanan legalisasi ?
Setelah sampai ditempat tujuan, segera untuk mendaftarkan diri anda untuk mengambil No Antrian. Nanti ada petugas di depan, biasanya ada dua wanita yang akan menanyakan keperluan anda. Jangan segan-segan, mereka baik dan memberikan jawaban dengan tepat.
Bagaimana mendapatkan No antrian ?
Biasanya untuk mendapatkan No antrian ini, petugas akan meminta identitas pribadi kita, lalu mereka akan scan dan memberikan No antrian, beserta keperluan kedatangan secara langsung akan tercatat .
Lalu kemudian, saya harus kemana lagi ?
Silahkan masuk kedalam ruangan, kemudian lihat sekeliling, ada ruang tunggu, tempat pembayaran, 10 loket pelayanan,tempat komputer, dan toilet.
Apa saja dokument yang harus dibawa untuk legalisasi pertama kali ?

Sampai dengan tahapan ini, anda tidak perlu untuk membawa berkas dokument anda yang asli (takutnya dokument akan rusak). Tanyalah kepada tugas akan maksud kedatangan anda, maka dia akan membantu anda untuk membuat account terlebih dahulu.

 Semuanya akan didaftarkan secara online, segala macam pendaftaran,  penerimaan, pembayaran dan kebijakan jawaban atas dokumen yang dikirimkan. Segera buat account legalisasi anda di komputer yang telah disediakan oleh instansi dari Kemenkumham , kalau saya tidak salah hitung ada  Empat PC di bagian belakang & Dua PC di bagian depan.
Gunakanlah perangkat tersebut dengan baik, jangan segan-segan untuk bertanya kepada petugas jaga. Mereka akan mengarahkan agar bisa berjalan dengan baik untuk tahapan pendaftaran pertama dan pembuatan account login.
Tunggu konfirmasi dalam waktu 1×24 jam, nanti akan ada informasi ke e-mail yang anda daftarkan. Account login anda sudah dapat digunakan untuk masuk kedalam sistem aplikasi.
Tahapan selanjutnya, ketika anda sudah selesai membuat account dan mendapatkan password ?
Menurut saya lebih baik pulang saja , karena nanti anda akan disuruh untuk download aplikasi legalisasi dokument di AppStore ataupun di Google playstore. Aplikasi tersebut merupakan sebuah website resmi dari Kemenkumham yang dapat anda gunakan dengan menggunakan user name dan password yang sudah anda daftarkan sebelumnya.
Bagaimana persiapan mudah untuk memasukan file, apa saja yang harus dipersiapkan kemudian?
Untuk memudahkan langkah anda berikutnya adalah, foto semua dokument asli dengan menggunakan smartphone. Lalu pindahkan data anda ke dalam folder tersendiri di laptop ataupun simpan file tersebut dengan menggunakan flashdisk (agar mudah untuk di download).
Bagaimana melihat aplikasi online dari kemenkumham untuk mengirimkan dokumen ?
Anda dapat mendownloadnya di laptop ataupun di smartphone anda  di http://legalisasi.ahu.go.id/ setelah itu klik bagian legalisasi, masukan username dan password.
Lalu bagaimana cara mengisinya ?
Setelah mendownload, lakukan tahapan selanjutnya yaitu, mengisi semua bagian yang mau anda legalisasi. Bacalah dengan teliti, lalu masukan sesuai dengan hal yang tertera di dokument anda (N0, Pejabat yang berwenang ataupun Tanggal).
Setelah Mengupload dokument ?
Tunggulah jawaban dari pihak kemenkumham untuk membalas kiriman dokument anda, paling lambat 2 hari atau 3 hari, keculai hari libur besar.
Dimana saya mengetahui bahwa pihak Kemenkumham sudah konfirmasi dokument yang dikirimkan ?
Pihak Kemenkumham akan mengirimkan via email yang sudah didaftar, jadi anda sebaiknya bersabar dan cek notifikasi email anda.
Apabila Dokument ditolak ?
Jangan marah-marah dahulu, sebaiknya anda cek kembali apa yang sudah anda kirimkan, lalu buka email anda. Baca dengan teliti apa yang menjadi kesalahan dalam pengiriman dan pengisian dokumen. Biasanya pihak kemenkumham akan mengirimkan juga hal-hal kesalahan pada pengisian. Jadi menurut saya itu merupakan solusi terbaik.
Setelah Dokument diterima ?
Jangan senang berlebihan :), masih banyak tahapan yang harus anda lalui dan penuh kejutan. Lihat baik-baik tanggal dan hari yang mereka kirimkan, lalu anda bisa datang ke gedung Cik.
Dokument apa saja yang anda bawa ?
Bawalah Dokument Asli
Bayar berapa untuk menguru Dokument tersebut ?
Dari tadi tidak obrol masalah pembayaran ya :), ya begitulah bagusnya. Anda persiapkan pembayaran sebesar 9Dua puluh lima ribu rupiah) di dalam gedung sudah ada bank yang siap, jadi anda tidak usah repot-repot mencari bank apabila tidak menggunakan mobilie banking.
Legalisasi Dokument Akte Kelahiran seperti apa ya ?
Anda akan mendapatkan stiker berhologram dari pihak Kemenkumhan dan nantinya akan di tempel pada bagian belakang akte kelahiran, jadi nanti anda tidak usah binggung ya. Soale itu sebagai tanda akte anda sudah dikonfirmasi.
Sekarang saya akan menuju Kementerian Luar Negeri, untuk tahapan selanjutnya. Saya akan menuliskannya kembali kesan dan pengalaman saya.
Silahkan tuliskan komentar anda apabila mempunyai pengalaman lainnya ?.
 Terimakasih telah membaca & semoga bermanfaat untuk anda. [fiq/rid]
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *