M Fuad Nasar Pembicara Amil Goes To Campus

 

 

Beberapa Perguruan tinggi di Indonesia dan juga kampus mancanegara, tepatnya di Hongkong dan Taiwan, nantinya akan menggelar acara besar yaitu Amil Goes To Campus.

 

Putaran pertama  di kampus Universitas Gajah Mada, Auditorium Sukadji Ranuwihadjo, Senin (23/4).

 

Pembicara handal di bidangnya juga hadir dalam acara ini untuk pemberian gagasan keilmuan kepada mahasiswa, yaitu Alumni Fossei, Kepala PSEBS Fakultas Ekonomi Bisnis (UGM) Akbar Susanto, Direktur Lasnaz (BSM) Rizki Okto, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Kementerian Agama) Muhammad Fuad Nasar.

 

Fuad Nasar memberikan penjelasan, bahwa negara Indonesia akan menghadapi fenomena bonus demografi. Ini akan memberikan peluang untuk meningkatkan kualitas indeks literasi tentang zakat, filantropi dan pembangunan infrastruktur sosial.

 

Menilai, pergerakan zakat mempunyai potensi strategis dalam mengatasi nilai-nilai kemanusiaan, sejalan tujuan bernegara dan hak asasi manusia. Karenanya penting membangun literasi tersebut dengan merangkul elemen tridharma perguruan tinggi.

 

“Jadi, bukan hanya sekadar memperkaya keilmuan tapi mempunyai resonansi untuk menjangkau dari sisi nyata kemiskinan ditengah kekerasan struktural yang terjadi” ungkap M Fuad Nasar.

 

Pembangunan kehidupan bangsa memerlukan nafas panjang dan sikap tidak pernah menyerah, demi memenuhi hak – hak orang yang membutuhkan. Untuk itu, kesadaran semua manusia kalau kita bersaudara dan harus saling tolong menolong perlu ditanamkan.

 

Tapi, semua usaha itu bukan berarti mengurangi apalagi menghilangkan peran penting negara, yang harus menata kebijakan dengan baik. Ia menegaskan, negara harus hadir untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyat. Sebab kalau cuma profit yang dipikirkan, misi besar negara melayani rakyat akan kabur.

 

Diikuti 230 peserta, mempunyai harapan agar dapat terus berkembang demi meningkatkan literasi filantropi di tengah-tengah pemikiran mahasiswa dalam perguruan tinggi. (RID)

Sumber: Republika

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *