Manfaat Ganjil & Genap: 20 Keuntungan Untuk Pengemudi

celoteh/rid

 

Menariknya Ganjil-Genap Di Ibukota

 

Pembangunan infrastruktur jalan tidak berhenti untuk menunjang kelancaran berlalu lintas. Semakin panjang dan lebar ruas jalan bertambah, tidak dipungkiri juga bahwa kendaraan bertambah setiap detik, hari dan bulan, dilihat dari statistik penjualan kendaraan.

Menurut data online otomotif kompas, Penjualan di pasar wholesales industri otomotif roda empat, menuai hasil positif 2,87 persen di kuartal pertama 2018, ketika membandingkannya dengan perolehan periode yang sama tahun lalu. Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total perolehan pada tiga bulan pertama 2018 ini mencapai 291.912 unit. Sementara tahun lalu hanya mencapai 283.760 unit saja. Penambahan ruas jalan, menjadi pilihan strategis lalu menambahkan moda transportasi lainnya seperti LRT juga merupakan ide bagus bagi ruang Ibukota.

Sebenarnya, dari mana ide penamaan ganjil-genap diberlakukan, Negara mana sajakah yang menggunakan kebijakan ini ? . Negara Brazil menggunakan pemberlakuan perhitungan ganjil-genap untuk mengurangi batas polusi udara, kemacetan pada tahun 1996.

Negara Amerika Serikat, menggunakan nomor ganjil – genap pada  kebijakan pembatasan daya beli Bahan Bakar Minyak pada tahun 1979

Hal apa yang membuat ganjil genap berhasil ? . Krisis bahan bakar minyak terjadi cukup hebat pada tahun tersebut, hingga membuat warga yang memiliki kendaraan harus bersabar membeli (BBM) sesuai dengan plat nomornya.

Apakah warganya menerima ketentuan tersebut ?

Kembali lagi kepada kesadaran bersama atas suatu kebutuhan dasar, semuanya akan dirasakan manfaatnya apabila progam sudah mulai berjalan dengan baik. Pada waktu itu, warga negara menerima keputusan tersebut dikarenakan mempunyai manfaat besar bagi kegiatan serta kesehatan hidup.

Sumber dari media online kompas menyebutkan pendapat menurut, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa menyatakan, uji coba ganjil-genap tersebut terpantau efektif menurunkan kemacetan di Ibu Kota. Bahkan, persentasenya hampir 20 persen. “Ada peningkatan (kelancaran lalu lintas) sudah mendekati 20 persen. Target kami 20 persen, mengurangi kepadatan 20 persen,”.

Pada waktu event internasional Asian Games 2018, kenyataan di ruas-ruas jalan ada yang mengalami kepadatan dan juga ada jalan yang cepat menguraikan kemacetan secara efektif. Event Internasional sampai saat ini berjalan dengan baik, tidak ada gangguan yang menyebabkan keterlambatan ataupun kemacetan bagi para tamu Intenasional.

Manfaat apa saja yang didapatkan Ganjil-genap untuk para pengemudi;

  1. Membuat pengemudi disiplin dalam memulai perjalanan, baik untuk berangkat ataupun kembali.
  2. Biasanya kemacetan selalu datang pada saat bersama, tetapi tidak berlaku lagi untuk aturan ganjil-genap, ruas jalan bisa dilalui dengan santai.
  3. Mengurangi tingkat strees tinggi dalam mengemudi kendaraan.
  4. Kecepatan kendaraan bisa disesuaikan dengan kondisi perjalanan.
  5. Pengemudi tidak cepat lelah.
  6. Pengemudi sudah mulai ambil pikiran kepentingan, apabila kebutuhan keperluan tidak penting,bisa ditangguhkan.
  7. Pengemudi bisa tepat waktu sampai tujuan.
  8. Pengemudi bisa lebih menjaga keselamatan dalam perjalanan
  9. Nilai rasa saling pengertian sesama pengemudi dapat dirasakan ketika berbagi bidang jalan untuk waktu genap ataupun ganjil pada hari yang berlawanan,begitupun sebaliknya. Dapat dilihat ketika waktu sudah mau menunjukan pukul 06.00 WIB batas terakhir untuk masuk ke gate tol.

Beberapa kegiatan kelompok ataupun individual sepeda dapat menjadi pilihan bagus untuk memulai awal hari dengan menggunakan sepedanya.

Saya beberapa kali sudah mulai melihat teman-teman pekerja mengayuhkan sepedanya untuk beraktifitas ke kantor. Mungkin apabila tersedianya jalur sepeda, sepatu roda ataupun skateboard, apabila ada jalurnya Bukan tidak ada kemungkinan penggiatnya akan turun ke jalan untuk memilih transportasi hemat biaya dan melestrasikan lingkungan bebas asap. [fiq/rid]

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *