Masakan Western atau Masakan Asia ?

kuliner/rakyatid

 

Sumber gambar: Makanajib.com

 

Makanan tidak hanya untuk di makan saja, tetapi makanan dapat mencerminkan karakteristik serta kebudayaan suatu daerah dan bangsa. Terlihat dari bentuk makanan, rasa makanan, pembuatan makanan dan penggunaan bahan-bahan makanan. Karena makanan merupakan suatu sajian rahasia  yang mengandung kombinasi rasa misteri, sampai lindah anda akn menjawabnya tanpa mampu menuliskannya.

“Food is our common ground, a universal experience,”.

-James Beard

Makanan barat merupakan pilihan dari menu makanan ( Kumpulan bahan-bahan yang bisa dikonsumsi oleh mahluk hidup, mempunyai rasa dan tidak ada rasa tetapi akan menghasilkan energi, protein dan nutrisi) yang beragam jenisnya dari bahan hewani sampai sayuran, dari golongan pasta sampai kelas makanan daging. Kita tanpa disadari setiap hari, kalau mau memilih makanan pasti akan terkategorikan dengan beberapa varian makanan, Asia, Eropa dan Daerah. Sampai bingung untuk memilih yang mana agar cocok di lidah serta pas dengan kantong celana ala http://www.rakyat.id

 

Makanan barat, tidak hanya bisa diwakilkan oleh satu negara saja. Semua makanan terletak di Benua Eropa merupakan makanan Western. Untuk perwakilan dari jumlah gizi, kesehatan, juga akan berbeda-beda hasilnya karena penyajian, jenis bahan akan menghasilkan perbedaan kalori.

Dalam kesempatan hari ini, saya akan bertanya kepada Chef/Koki/Juru Masak, Makanan Western. Akan berbagi pendapat serta pengetahuan, semangat, harapan , rasa, tantangan terhadap sepiring makanan penuh cita rasa.

Makanan Western pertama kali diperkenalkan oleh siapa ?

Ketika saya membahas tentang pasta, terlintas darimana sumber makanan ini tercipta, karena merupakan salah satu jenis makanan yang biasa disebut dengan makanan Western. Masakan Western merupakan peradaban pertukaran jenis makanan, bahasa serta bentuk dari Chinese, ketika penjelajah Marcopolo berkeliling dunia. Mungkin saja makanan western diadopsi dari Chinese, contoh kecil saja, makanan Chinese terdapat kwetiaw, pangsit, mie, bihun, sedangkan di bagian eropa lainnya contohnya di eropa negara Italia mempunyai pasta dan sejenisnya. Semua jenis makanan di atas adalah makanan yang dibuat dengan rupa yang sama tetapi mengalami percampuran bahan makanan serta nama berbeda.

Dalam perjalanan kuliner Western tidak dapat melupakan seorang Chef/ Juru masak asal perancis yaitu https://id.wikipedia.org/wiki/Auguste_Escoffier

Peran besar seorang juru masak Auguste Escoffier ?

Beliau merupakan seniman masakan western yang menambahkan cita rasa berbeda terhadap makanan yang sudah ada, beliau membuat lima dasar saus dari segala macam penjuru dunia, saus Espanyol, Besamel, Tomato classic, Felutte, Holandes. Hasil karya saus tersebut bukan merupakan asli khas dari Perancis, tetapi merupakan dari pengalaman perjalanan rasa Auguste Escoffier ke penjuru dunia, lalu dibukukan kembali oleh beliau.

Apakah anda pernah mendapatkan kejadian unik, ketika pengunjung datang untuk pesan makanan Western tetapi mereka kaget, tidak seperti yang mereka bayangkan ?

Untuk hal ini saya pernah melihat sebuah film Mr. Bean, ketika mesan steak tar -tar kepada pramu saji. Bean binggung ketika makanan yang datang yaitu daging steak mentah yang dimasak dengan alkohol tinggi. Terpaksa Bean makan steaknya, padahal tidak sesuai dengan pikiran tentang steak. Saran saya unuk pesana makanan barat, sebaiknya tanyakan dulu kepada pramusaji apabila anda ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang makanan yang akan anda pesan.

Untuk persaingan kuliner Western dan kuliner Asia  ?

Semuanya pasti mempunyai pangsa pasar masing-masing, tidak usah takut mempromosikan masakan Asia dan tradisional. Karena dalam promosi makanan western, sudah banyak juga yang menggunakan bahan-bahan rempah tradisional. Jadikan kuliner tradisional dengan cara penyajian western dan asia.

Apakah masakan western mempunyai kandungan arti falsafah?

Ada perbedaan antara masakan Asia dan Western. Untuk kuliner yang mempunyai arti filsafah biasanya masih terdapat pada masakan tradisonal, Asia lebih menonjol dan mempunyai banyak arti dari bentuk makanan, warna makanan sampai penyajiannya.

Restoran yang direkomendasikan untuk makanan western?

Beberapa rekomendasi lainnya untuk anda coba apabila ingin mencoba Sky Dining di Jakarta https://pergikuliner.com/blog/9-tempat-sky-dining-di-jakarta-yang-paling-t-o-p

 

Siapakah mentor chef yang anda inginkan untuk kerjasama dengan anda ?

Chef  Vindex Valentino Tangker, untuk lebih jelasnya klik https://id.wikipedia.org/wiki/Vindex_Tengker

Chef Marco Pierre White, untuk lebih jelasnya kllik https://en.wikipedia.org/wiki/Marco_Pierre_White

 

Peran penting dalam kemajuan industri Kuliner ?

Dengan adanya chef-chef terbaik di Indonesia akan dapat memperkenalkan promosi kuliner dari sabang- merauke, karena inovasi dari negara luar mulai melirik makanan kita dengan kreasi berbeda.

Kegiatan seperti apa yang akan membuat menarik ?

Mungkin perlu adanya Asosiasi Chef Nasional agar generasi penerus, kreatifitas kuliner, akan lebih pesat perkembangannya.

 Acara apa yang membuat pengetahuan bisa bertambah ?

Semua acara televisi mendapatkan ilmu baru, saya memilih Asian Food Channel, karena banyak aneka kuliner Western dan Asia serta makanan jalanan.

Pesan dan kesan untuk para generasi millenial ?

Ketikan kita ada dalam dapur, kita harus menunjukan semangat=semangat kreatifitas dan kemajuan dalam melakukan hal terbaik bagi kuliner. Jangan pernah mengeluh ketika sedang berada di dapur, siapapun mentornya pastia akan memberikan ilmu bermanfaat.

Seperti kata-kata mutiara ini, “One of the very nicest things about life is the way we must regularly stop whatever it is we are doing and devote our attention to eating.”

-Luciano Pavaroti

Penulis: Tommy Vicente/fiq/rid

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *