Pemimpin Daerah & Ruang

anekacerita

Menjaga ruang daerah tetap sejahtera, keadilan seluruh rakyat menjadi taruhan besar pada suatu keamanan, pergaulan, kehidupan serta cara pandang terdidik bagi seluruh penghuni daerahnya dimanapun mereka berada. Tapuk kekuasaan pemegang kewenangan harus sensitif, peka, terasah dalam hal melihat keseimbangan rukun tetangganya dan juga rukun warganya. Biar bagaimanapun seorang pemimpin mempunyai kekuasaan untuk menentukan kewenangannya. Kekuasaan pemimpin daerah meliputi apa saja dalam kegiatannya bermasyarakat dengan para warganya?.

Kekuasaan pemimpin daerah, menurut saya sebagai penanggung jawab keadaan daerahnya, mereka adalah putra-putri daerah, sudah terkenal, berkuasa dan mempunyai perekonomian terbaik diantara para warga desa lainnya, mereka dapat memimpin suatu daerah dengan kemampuan pendidikan, finansial serta pemetaan politik yang tidak bisa dipikirkan oleh warga-warga yang tidak biasa. Kenapa bisa terjadi kericuhan politik dalam suatu daerah?.

Apakah kesenjangan ekonomi yang terlalu terlihat jelas, merupakan alasan agar dapat membuat suatu permasalahan besar yang kelak nantinya akan menggangu keutuhan hidup bermasyarakat. Kekuatan daerah menjaga keamanan bukanlah hanya sebagai bahan lelucon, itu merupakan tanggung jawab yang paling besar, menurut saya ini akan menjadi sangat menarik apabila seluruh daerah mempertunjukan energi-energi positif persaingan terhadap keutuhan lingkungan hidup, keragaman hayati, serta peningkatan mutu kualitas sumber daya manusianya. Sampai sejauh mana para pemegang kekuasaan daerah ini mengetahui potensi-potensi besar pada karakter masyarakatnya daerahnya sendiri?

Untuk konflik daerah, pastilah akan terjadi hal tersebut tetapi tidaklah sering peristiwanya, karena dalam bermasyarakat berbeda pola hidup, pikir, pendidikan serta kebiasaan memang sulit untuk disatukan, karena perbedaan merupakan warisan kekayaan para kelompok masyarakat itu sendiri. Peran pakar kebudayaan melihat satuan konflik lalu mencernanya serta membuat jalan keluar terbaik merupakan itikad pemikir tingkat tinggi yang rela memberikan keadilan bagi semua pihak. Tidak berpihak terhadap hal apapun, niatnya adalah menjaga kesatuan.

Bagi pemegang kekuasaan yang diamanatkan dalam kawasan daerah, cukupkanlah kebutuhan para masyarakat daerahnya agar terlihat jelas kebahagiaan, kesejahteraan, kemanusiaan, sungguh indah melihat kumpulan manusia yang bergandengan tangan dan tertawa bersama. Walaupun ada pihak-pihak yang akan selalu membuat suasana sebaliknya menciptakan perang, memang alasan ini sudah ada sejak jaman dahulu. Lalu bagaimana kita memilih persahabatan , keharmonisan untuk bangsa kita?.

Membuatnya mudah saja, dengan cara menjadi karakter pemimpin kuat tetapi menggunakan kewenangan kekuasaan yang bijaksana, menguntungkan semua pihak. Indahnya dunia dan perdamaian bagi semua warga dunia. Lindungilah alam semesta, agar kita umat manusia tidak punah.

Apakah anda menjadi pemimpin daerah dan tidak berhasil menciptakan hal kesejahteraan serta keadilan sosial bagi rakyatnya?.

Apakah anda siap digantikan oleh warga daerah anda?. [fiq/rid]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *