Perjalanan Toyota Rush 2018 Type G Jalur Lintas Sumatra

rakyat punya cerita

 

 

Jalan-jalan menuju  Pelabuhan Merak – Bakauheni- Pelabuhan Panjang – Pulau Pahawang.  Mencoba perjalanan darat menggunakan kendaraan Rush 2018 type G.

Jam berapa keberangkatan yang baik untuk melakukan perjalanan jarak jauh bersama keluarga ?

Sebelum keberangkatan sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu terhadap route perjalanan, kondisi jalan serta wilayah yang akan kita lewati. Untuk saat ini saya akan memulai pada waktu pukul 05.00 WIB,  kemungkinan tiba jam 06.30, di Pelabuhan Merak. Dengan prakiraan kecepatan 120/km, menggunakan kecepatan normal tanpa berhenti di tempat peristirahatan.

 

Siapa saja yang akan ikut dalam perjalanan ?

Untuk saat ini, di bangku barisan kedua ada 1 dewasa dan 1 balita, untuk bagian depan di isi oleh 1 manula.

Bagaimana menjaga kenyamanan dan keamanan untuk balita dalam berkendaraa?

Bagi balita yang ikut serta dalam kendaraan. Biasanya kami menggunakan car seat khusus untuk anak balita usia 3 bulan – 3 tahun. Memilih car seat yang baik,nyaman serta aman bagi balita anda akan mempengaruhi suasana kegembiraan, serta pengetahuan bagi balita anda, untuk ikut berpetualang. Karena waktu, jarak tempuh serta mood balita akan mempengaruhi gaya anda dalam mengemudi. Jadi yang saya lakukan adalah, menggunakan car seat pada balita, memilih lagu-lagu menarik, film-film sesuai umur, membawa buku bacaan, boneka kesayangan, makanan kesukaan, buah favorit dan tentunya membawa botol susu lebih dari satu.

Ruang bagasi penyimpanan ?

Sangat tersedia cukup luas, tidak usah binggung untuk menempatkan barang serta mengambil barang. Ketika malam tiba, lampu bagasi akan sangat menolong anda untuk memilih koper serta tas yang anda akan ambil.

Bagaimana untuk pemilihan bahan bakar ?

Saya memilih pertamax untuk konsumsi Rush 2018, karena saya mendapatkan full energi dari kendaraan, membuat gesit, cepat dan lincah dalam melakukan manuver. Isi Full dalam perjalanan lalu saya gunakan untuk keliling kota Lampung, belum habis-habis. Ketika pulang baru saya isi lagi BBM.

Untuk perjalanan tersebut menggunakan navigasi apa sebagai pilihan pemandu perjalanan ?

Untuk memantau kondisi perjalanan kami menggunakan navigasi google maps, google satelite dan aplikasi  waze, sangat baik untuk perbandingan memilih jarak, wilayah perjalanan,  situasi terupdate yang akan kita lalui dalam melakukan perjalanan.

Bagaimana pemilihan cuaca dalam perjalanan ?

Paling enak dan idealnya melakukan perjalanan jauh apabila cuaca bagus, pandangan ke depan terlihat langsung dengan jelas. Apabila hujan cukup deras serta pandangan sudah mulai tidak terlihat sebaiknya, berhenti sejenak melihat kondisi perjalanan serta cek cuaca.

Apakah mengalami kesulitan dengan marka jalan serta tanda rambu-rambu jalan lalu lintas?

Pastinya akan menjadi kesulitan dalam pengertian memahami tanda rambu lalu lintas apabila biasanya anda sering melalui lalu lintas kota dan sekarang ini harus pindah jalur menuju jalan-jalan cepat serta melewat berbagai model jalan. Pastinya mengikuti rambu-rambu lalu lintas dengan benar karena berhubungan dengan jalan berkecepatan tinggi. Sebaiknya buka kembali buku panduan tentang rambu-rambu lalu lintas, sempatkan sejenak agar anda lebih mengetahui kode serta etika dalam berkendaraan semakin baik.

Bagaimana berkomunikasi dengan penggunan jalan lainnya di jalan tol berkecepatan tinggi dan jalur di lintas Sumatra, baik itu mobil pribadi ataupun truk-truk besar ?

Komunikasi sesama pengguna jalan sangat perlu diperhatikan bagi semua penggemudi pengguna jalan umum/bersama. Banyak tanda serta etika untuk melewati mobil dan truk besar yang ada di depan anda. Untuk melewati dan juga memberikan komunikasi kepada mobil di belakang anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sangatlah penting dalam melakukan perjalanan jauh. Jangan coba-coba untuk melanggar marka-marka jalan yang telah terlihat jalan.

 

Melewati truk-truk besar, ambil bagian kanan, nyalakan sign kanan, berikan lampu dim dua kali, bunyikan klakson mobil perlahan, sebagai tanda anda akan melaluinya, karena pada truk-truk besar mempunyai daerah blind spot tersendiri yang tidak dapat dilihat oleh pengemudi truk besar. Biasanya truk besar akan memberikan jalan, atau tidak memberikan jalan kepada mobil anda apabila di lajur sebelah kanan terdapat hambatan untuk mendahului. Menjaga keselamatan bersama di jalan raya sangat membantu bagi semua pihak pengemudi.

 

Apa saja yang dirasakan ketika memulai mengemudikan Rush 2018 type G produksi dari Toyota saat masuk gerbang tol ?

Mobil ini mempunyai banyak ruang, ketika memasuki ruas gerbang pintu tol, anda bisa memilih laju jalan menuju gerbang tol, dari jalan yang sempit sampai dengan lajur gerbang yang biasa, masih ada space lebih apabila kita terlalu jauh dengan alat transaksi elektronik. Jadi tangan anda bisa maksimal keluar menjangkau alat transaksi, lalu tangan juga terasa nyaman ketika dikeluarkan menuju alat transaksi (tidak tersangkut oleh bagian tempat peristirahatan tangan sebelah kanan untuk pengemudi). Jadi mobil Rush 2018 sangat nyaman untuk melakukan transaksi di jalan cepat, dengan tangan keluar melalui jendela otomatis ataupun kebiasaan pengemudi yang membuka pintu ketika ingin bertransaksi.

Bagaimana merasakan kendaraan telah siap untuk melakukan perjalanan jauh ?

Ketika memasuki pintu gerbang tol pertama, Tangerang – Merak, semua mesin terasa sesuai dengan kinerjanya, tidak terasa ada sesuatu hal yang menggangu untuk perjalanan jauh. Melakukan kembali  pengecekan lampu-lampu mobil saat perjalanan, merasakan pengereman mobil dengan baik. Wiper penyapu air hujan sudah dicek kesiapannya, baik depan maupun belakang. Air conditioner untuk barisan belakang dan depan berfungsi semuanya, karena kami tidak mau ada masalah dengan pengaturan udara di kabin mobil.

 

Bagaimana kondisi  sensasi perjalanan mengendarai mobil Rush 2018 ketika melewati jalur cepat di jalan tol, yang biasanya banyak dilalui oleh truk-truk pembawa logistik, BBM, hasil ternak, serta truk pembangunan ?

Mengambil jalur kanan dengan kecepatan stabil, menyalip dengan hormat kepada kendaraan lebih lambat, memberikan tanda komunikasi kepada kendaraan besar agar pengemudi tahu ada mobil dari sebelah kanan ingin mendahului. Sejauh ini, kendaraan sangat stabil, terasa nyaman dan aman dibawa dalam kecepatan tinggi, tidak mengalami masalah apapun, baik ketika sedang menyalip kendaraan ataupun masuk kembali ke jalur lambat untuk memberikan kendaraan lainnya.

Perpindahan gigi cepat sampai gigi yang paling rendah begitu smooth, tidak terasa ada hambatan.  Kondisi jalanan pada saat itu di lajur kanan terasa baik sesuai dengan harapan pengemudi, marka jalan terlihat jelas, ketika melewati jembatan-jembatan besar tidak terasa perbedaannya, semua dapat terkontrol dengan baik. Pengisian angin pada ban juga membuat mobil ini terasa cepat tetapi hemat penggunaannya.

Sensasi mengemudi kendaraan Rush 2018 pada kecepatan tinggi bisa diandalkan ketangguhannya serta kecepatannya, kalau mau tambah kecepatan ingat selalu untuk berhenti dengan cepat dan baik agar tidak terjadi sesuatu hal. Jarak jauh berkendaraan dengan Rush 2018 pabrikan Toyota sangat nyaman, tidak berisik, suara mesin tidak terdengar keras, laju cepat di hambatan kejutan tidak menggangu balita anda ketika sedang tidur. Mobil terasa kokoh tidak terasa limbung ketika kecepatan mulai ditambahkan, masih terasa nyaman bagi balita anda untuk meneruskan tidurnya tanpa terganggu. Sepertinya sudah tidak sabar ingin melakukan perjalanan jauh lagi.

 

Kendaraan mulai mengantri masuk kedalam kapal Ferry menuju pelabuhan Bakauhueni, apakah mengalami kesulitan dalam menaiki kapal laut ?

Kendaraan mulai banyak mengantri dari berbagai jenis merk kendaraan ukuran kecil hingga ukuran besar. Tidak lama kemudian, petugas memberi aba-aba untuk memasuki kapal ferry, ketika melintas naik menuju tangga kapal, cukup banyak jumlah besi tangga penahan laju ban kendaraan agar tidak turun kembali kebawah, menaikinya perlahan dengan santai dan konsentrasi agar tidak menabrak pembatas tangga naik serta dapat berbelok keatas memerlukan keberanian, juga menjaga agar mobil tidak mati mesinnya. Ternyata kendaraan mudah diatasi, serta dapat mengerti keinginan pengemudi, sehingga mobil dapat dikendarai dengan tepat sesuai kecepatan yang diinginkan, serta mudah untuk handling pengaturan tempat parkiran di atas dek kapal laut. Dalam hal ini, Rush 2018 dapat memberikan kemudahan melalui ketepatan kecepatan yang diinginkan, serta mudah dikendarai dalam kondisi ruang  sempit. Petugas memberi aba-aba panduan agar mobil tidak mengalami masalah saat naik maupun parkir, dari dalam ruang pengemudi dapat terlihat dan mudah dimengerti perintah-perintah petugas parkir pelabuhan.

 

Akhirnya kami telah sampai di Pulau Sumatra, pelabuhan Bakauhuni lampung, siap meneruskan perjalan menuju jalur antar lintas Sumatra. Persiapan untuk melanjutkan kembali menuju Pulau Pahawang.

Untuk menambah informasi tentang Rush 2018 anda dapat mengunjungi https://www.toyota.astra.co.id/product/all-new-rush

Terimakasih telah membaca & Semoga bermanfaat, serta berkendaraanlah yang baik dan benar.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *