Pidato Jusuf Kalla Wapres RI

 

Assalamualaikum,
Saya ingin mengucapkan selamat kepada anak-anakku sekalian yang hari ini memulai dan telah dilantik menjadi muda praja dari IPDN ini. Anda merupakan calon2 yang terbaik dari 44rb calon yg mendaftar.
Artinya, hanya kurang lebih 5 persen daripada yang mendaftar, dapat hadir di sini dilantik pada pagi hari ini. Sebagi kader-kader Pamong Praja, yang akan menjalankan tugasnya apabila nanti telah melaksanakan pelatihan pendidikan di Kampus ini, tentu mempunyai tugas dan peran yg sangat haik. sbg capraja anda tentu ujung tombak yg terdepan pemerintahan. andalah yg kemudian akan berhadapan dgn masy yg kita pimpin semuanya. Andalah yg akan mendengarkan keinginannya, Andalah yang akan mendengar apa-apa yang perlu kita bangun pada bangsa ini.
sebagai tempat untuk menggembleng pengetahuan, semangat dan tentunya juga spirit dari pada kita semua, maka tentu kita harapkan selama tiga tahun anda harus menjalankan, mengikuti secara disiplin, secara etika pendidikan yang akan dilaksanakan di tempat ini
para guru2 anda, para instruktur anda tentu membawa anda ke jalan yg baik. jalan yg tentu menjadi pemimpin pada masa depan bangsa ini. sbg bangsa yg besar dgn penduduk 265jt orang tentu membutuhkan banyak pemimpin dari tingkat bawah sampai ke atas.
kita semua jg mengetahui bahwa karir anda sbg PP tentu adalah suatu karir yg sangat baik dan bermanfaat. OKI haruslah dilksanakan pend ini dgn sebaik2nya.
dunia sgt berkembang karena itu membutuhkan perubahana2 setiap saat, baik teknologi, keinginan masy, tuntutan masy, kita semua dlm pemerintahan menghadapi situasi yg berbeda pada masa2 yg lalu. yg pda dasarnya adl menjalankan otonomi pemerintahan yg baik, menjalankan demokrasi yg baik, menjalankan keterbukaan yg baik, menjalankan teknologi yg baik. dan semua hal2 yg membutuhkan kepemimpinan pada masa yad.
pemerintahan kita sangat otonomi, artinya adalah bahwa anda menghadapi, anda merupakan garda terdepan untuk mengetahui keinginan masy, untuk menjalankan keinginan masy itu. pemerintah juga sudah sgt berubah, pada masa lalu, pada masa sentralistik anggaran yg terbesar adalah anggaran Pusat. Sekarang yang terbesar adalah anggaran daerah dan anggaran daerah pun bertingkat2 diberikan oleh Pemerintah mulai dana desa, dana kab-kota, dana pemerintah provinsi dan juga sampai ke Pusat.
Hal-hal itu artinya adalah anda menjalankan otonomi, tidak menjalankan otonomi, dengan jiwa nasional. Otonomi dijalankan tapi jiwanya adalah kesatuan NKRI.
tanpa jiwa tersebut tentu negara kita akan terpecah belah. karnalah tugas anda semua untuk menjalankan persatuan dan menjaga kesatuan bangsa ini.
OKI dalam beberapa tahun terakhir kita telah jalankan keputusan bahwa tamatan IPDN ditugaskan bukan di daerah asalnya, tapi di daerah yg berbeda agar kita mempunyai suatu bangsa yg besar dan mengetahui masalah2nya.
OKI di tempat ini, anda bukan hanya belajar tentang sistem pemerintahan, tapi anda belajar ttg bagaimana bangsa yg besar ini dalam bentuk Bhinneka Tunggal Ika, bagaimana persatuan itu tetap dijaga, bagaimana perbedaan2 itu bukan melemahkan kita tapi memperkuat kita.
OKI maka walaupun otonomi, tapi jiwanya jiwa nasional yg kita jalankan sebaik2nya. saya yakin anda semua anak2ku di sini dapat melaksanakan itu selama anda dalam pendidikan ini menjalankan penuh disiplin, penuh keseriusan dan tentu mendapatkan bimbingan dari berbagai guru2 anda dan juga tentu pengalaman yg bermacam2.
saya mendengarkan dan mengetahui bahwa tentu anda mendapat pelatihan disiplin di kepolisian dan juga di akmil, pertama tentu untuk mengetahui bahwa disiplin itu sangat penting walaupun harus anda jalankan bahwa seorang PP disiplin tapi tentu bukan disiplin militer, disiplin yg dekat dengan rakyat dan tentu mengetahui keinginan dan apa yg harus dilakukan sebaik2nya.
tentu setelah tamat tempat ini anda akan menjadi perangkat pemda yg (golongan) terendah. bisa anda menjadi lurah, camat, bisa menjadi bupati, menjadi Gubernur dan juga menjadi Menteri.
OKI karir sbg PP penuh gejolak (cek) dan penuh karir yg baek. semuanya tergantung kepada sikap, perilaku dan kemampuan anda semuanya.
OKI maka sekali lagi selamat kpd anda semua dan menjalankan apa yg telah digariskan, menjalankan etika atau pedoman yg telah anda baca bersama2, meghormati guru2 anda dan juga menjalnkan tugas sebaik2nya. [fiq/shk/rid]
Sumber gambar: okezone.com
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *