Pindah Ibu Kota Untuk Indonesia Raya!

rakyatpunyacerita|anekacerita

 

Bicara tentang kesiapan untuk mencoba menghitung kemungkinan  sudut pandang Ibukota yang baru merupakan tantangan bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya, karena hak untuk menjadi Ibukota negara merupakan hak dari setiap Provinsi di Indonesia.  Rencana ide kreatif pemindahan Ibukota dari era Presiden RI Sukarno dan Presiden RI Joko Widodo merupakan gagasan menarik serta merupakan kesempatan bagus bagi masa depan, menurut saya.

Link terkait https://nasional.tempo.co/read/1200537/rencana-pemindahan-ibu-kota-dari-era-soekarno-hingga-jokowi

 

Pemindahan Ibu Kota dari  Jakarta ke luar Pulau Jawa, sudah menjadi obrolan menarik untuk segera didukung proses pelaksanaannya. Dengan hitung-hitungan persiapan keuangan negara, memang dibilang cukup besar, tapi bisa dilakukan juga dengan hitungan-hitungan tidak terlalu besar, yaitu dibutuhkan keberanian mencobanya dan melakukanya. Semuanya akan terlihat ketika proses mulainya. Biar bagaimanapun, jumlah uang pemindahan hanya akan menjadi angka-angka saja dalam diskusi, tetapi tidak ada tingkat kemajuan untuk memberanikan diri pindah menuju ruang-ruang baru yang akan lebih banyak peluang serta kemungkinan.

Link terkait:https://tirto.id/bappenas-jelaskan-keuntungan-ibu-kota-pindah-ke-wilayah-tengah-ri-dD8z

 

Walaupun berpindah Ibu Kota bukan berarti timbulnya ketakutan-ketakutan dalam pelaksanaan administrasi dan kelola tata negara, serta membuat tingkat keamanan negara menjadi lemah, tidak menurut saya. Keamanan NKRI akan menjadi lebih kuat, karena setiap jengkal tanah NKRI merupakan landasan kekuatan pertahanan, NKRI merupakan negara kuat yang disegani oleh semua bangsa-bangsa lainnya,  NKRI merupakan negara merdeka berdaulat serta mempunyai ideologi Pancasila diatur oleh UUD’45.

 

Dalam pembuatan infrastruktur baru pemindahan Ibu Kota, ini merupakan tantangan kreatifitas anak-anak muda milenial, untuk berkarya bersama dengan para tokoh, profesional senior dalam menciptakan gagasan pembangunan yang berbeda dari Ibukota sebelumnya. Hal ini juga akan mendatangkan ruang tata kota masa depan yang berbeda, percontohan gaya hidup Ibu kota baru, ataupun karakter kehidupan Ibu kota yang berlingkungan masa depan. Semuanya akan tercipta hal-hal baru.

Apakah ini semuanya terkukung oleh angka ?

Kenapa kita tidak memulainya dengan Ibu Kota Baru?

Sudah berapa banyak negara-negara maju yang memindahkan Ibu Kota?

Bagaimana kita sebagai masyarakat Indonesia melihat Ibu Kota di luar Pulau Jawa?

Semua perpindahan mempunyai resiko, tetapi apakah kita tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut ?

 

Kesempatan, pembaharuan, kejayaan, perbedaan, persamaan serta masa depan bersama orang-orang berani dalam lika-liku perjalanan kehidupan, semoga kita dalam lindungan-NYA.

Hidup Indonesia Raya!

Sumber Link terkait :

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-48093451

https://nasional.kompas.com/read/2019/04/30/08144721/tujuh-hal-yang-harus-diketahui-soal-pemindahan-ibu-kota

https://id.wikipedia.org/wiki/Usulan_pemindahan_ibu_kota_Indonesia

 

[fiq\rid]

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *