Preview Buku : Berbohong dan Menjadi Kaya by Alwie Lau

preview buku alwie law

 

 

Jika kerbau dipegang talinya, jika orang dipegang mulutnya. Oleh karena itu, saya meminta maaf karena di ulasan sebelumnya saya menjanjikan ulasan mengenai buku motivasi.

 

Rencananya memang seperti itu. Namun ketika saya mengakses folder ebook-ebook motivasi, buku ini, yang entah termasuk motivasi atau bukan, ada diantara ebook motivasi lainnya.

 

Dan secara sadar, meski saya tahu bahwa telah mengumumkan untuk mengulas buku motivasi, yang seharusnya merupakan postingan kali ini, saya tidak dapat menahan diri untuk membaca buku berjudul Berbohong dan Menjadi Kaya.

Belukar sudah menjadi rimba dan berikut ulasannya:

Judul: Berbohong dan Menjadi Kaya

Penulis: Alwie Lau

Penerbit: Tidak Ada (ebook gratis)

Halaman: 161 halaman

 

Isi Buku Berbohong dan Menjadi Kaya

Bab 1: Pendahuluan

Ada orang yang mengatakan media untuk mengendalikan orang adalah kekuatan senjata, ada juga yang mengatakan media yang paling efektif adalah uang dan materi. Namun ada media yang lebih murah dan berbahaya, itu adalah bahasa.

Buku ini membahas penipuan dalam skala kecil yang terjadi di keseharian masyarakat. Meski kita masih jarang yang mengetahuinya.

Setidaknya nilai penipuan mencapai 1000 trilyun rupiah per tahun di seluruh dunia.

Media jarang mengangkatnya. Begitu pula masyarakat yang jarang melapor ketika tertipu. Padahal penipuan konsumen begitu marak di Indonesia.

Omong kosong adalah tahapan awal. Meski hal ini biasa dilakukan bukan untuk menjebak atau menipu orang lain. Omong kosong adalah ucapan yang kebenarannya tidak akurat.

Dibahas 3 kebohongan, yakni kebohongan “putih”, kebohongan “abu-abu”, dan kebohongan “hitam”.

Ada ilustrasi yang sangat bagus, sesuatu mendasar yang membedakan antara kebohongan hitam dan penipuan. Luar biasa.

“Seandainya berbohong adalah tindakan yang melanggar hukum, tentunya kita semua adalah kriminal. Karena tidak mungkin kita semua kriminal, tentunya berbohong tidak melanggar hukum.”

Seni dari penipuan adalah membujuk dan membuat konsumen seolah melakukan tindakan cerdas, bukan kebodohan.

 

Bab 2: Telemarketing dan Berbagai Investasi Palsu

Di bab ini dipenuhi berbagai contoh penipuan yang marak terjadi di masyarakat.

Anda bisa mendapatkan wawasan agar tidak mudah tertipu dengan penawaran-penawaran yang menggiurkan.

Ada penawaran menarik hingga membosankan. Tetapi faktanya, begitu banyak korban berjatuhan oleh penipuan-penipuan yang sekalipun tidak berlalu angan.

 

3. Skema Ponzi, Pyramid Game, dan Kawan-Kawan

 

Di bab ini menceritakan kehidupan singkat Carlo Ponzi yang terlahir di Italia dan merantau ke Amerika.

Ponzi yang miskin, namun selalu tampil elegan, selalu berpikir cara memperoleh kemakmuran dengan cepat. Dan idenya yang kemudian dikenal sebagai skema ponzi menjadi terkenal di dunia dan diadopsi menjadi skema spekulasi uang modern.

Di akhir tahun 1919-lah Ponzi mengambil keputusan yang membuatnya menjadi icon di dunia penipuan. Skemanya menarik banyak investor, mencapai jutaan dollar. Namun pada akhirnya, skema itu hancur dan Ponzi ditangkap polisi.

Di jelaskan pula bagaimana skema ponzi bekerja, yang sayangnya, hingga detik ini masih digunakan oleh beberapa pihak untuk melakukan penipuan kepada publik melalui ilustrasi sederhana.

Di bab ini juga membahas mengenai pyramid game, skema yang hampir mirip dengan milik Ponzi. Perbedaannya adalah jika di skema ponzi investor bersikap pasif dan menunggu uang saja, sedangkan di permainan piramida, investor secara aktif mencari investor lainnya (biasanya disebut merekrut setelah investor membayar biaya keanggotaan).

Disertai pula dengan contoh sederhana mengenai skema ini.

Dibahas pula MLM. Meski terlihat baik di mata hukum dan sah, sebenarnya MLM kerap dikritik karena ketidakjujurannya. Mungkin skemanya benar, di mana merekrut anggota, yang kemudian menjual produk tertentu. Namun mayoritas pelaku MLM tidak pernah berfokus untuk menjual, hanya terus melakukan perekrutan.

Di sini membuka aib bisnis MLM dan kekurangannya. Juga beberapa kritik terhadap bisnis MLM di masa sekarang.

 

4. Internet dan Tipu-Menipu .Com

 

Internet bagai pedang bermata dua. Selain banyak membantu menyebarkan informasi, juga melahirkan jutawan-jutawan baru, internet mampu menjelma menjadi media penipuan yang aduhai.

Misalnya saja HYIP (High Yield Investment Program) di mana memakai skema ponzi dalam menjalankan bisnisnya dan banyak tersedia di internet.

Di internet juga ada yang mengadopsi pyramid game. Namun cepat atau lambat, program tersebut selalu hancur dengan sendirinya. Biasanya pemilik program akan membawa kabur uang anggotanya.

Berbeda dengan dunia nyata, kemungkinan tertangkap melakukan penipuan di dunia internet relatif kecil. Karena tidak pernah saling mengenal satu sama lain. Anda tidak dapat membalas menipu jika merasa ditipu seseorang.

 

Bab 5: Seminar “Rahasia” Menjadi Kaya

 

Di bab ini penulis menganggap bahwa seminar-seminar yang spesifik seperti “Rahasia menjadi kaya” atau “Membeli rumah tanpa modal” merupakan bisnis yang aneh.

Sejak tahun 1950-an, penjualan buku-buku seperti itu laris di pasaran dan orang-orang mulai berpikir bahwa hal semacam itu menguntungkan secara finansial. Lalu mulai bermunculan pakar-pakar pengembangan diri dan berbagai rahasianya.

Menurut penulis buku ini, manusia pada dasarnya sangat egois. Tidak mungkin ia mau mengajarkan ilmu rahasia atau semacamnya karena hal tersebut justru menciptakan persaingan bagi dirinya sendiri. Sampai saat ini, setidaknya penulis buku ini berasumsi besar kemungkinannya informasi yang dibagikan oleh “guru” di seminar-seminar sangat tidak akurat.

Mungkin membuat kaya si guru, namun membuat kaya orang lain?

Di sini juga disertai beberapa komentar orang ahli mengenai sosok guru real estate paling kontroversional di Amerika Serikat, Robert G. Allen, yang sayangnya, setelah ditelusuri lebih lanjut, ia tak lebih dari pembohong besar.

 

Bab 6: Penutup

 

“Kita harus menjadikan dunia ini jujur sebelum kita bisa secara jujur mengatakan kepada anak-anak bahwa kejujuran memang adalah kebijaksanaan terbaik.”

Buku ini diakhiri dengan manis oleh penulis buku untuk menyampaikan beberapa hal terkait buku ini.

Anda bisa mengambil pelajaran dan kebijaksanaan yang diutarakan penulis.

 

Kelebihan Buku Berbohong dan Menjadi Kaya

Ini bukan buku istimewa yang bisa mengajarkan ilmu yang bisa langsung kita praktikan untuk membuat kehidupan yang lebih baik. Tetapi wawasan di dalam buku ini sepertinya akan mampu meningkatkan kewaspadaan atas aksi penipuan di sekitar kita.

Buku ini mudah dipahami dan dibaca. Bahkan rasanya hanya butuh beberapa jam saja untuk menyelesaikannya mengingat jumlah halaman yang sedikit.

Namun saya yakin Anda akan tertarik dengan informasi di dalamnya karena berhubungan dengan penipuan-penipuan yang kerap terjadi di masyarakat. Setidaknya Anda memiliki risiko lebih kecil untuk menjadi korban setelah membaca buku ini.

Kekurangan Buku Berbohong dan Menjadi Kaya

Bagi saya, buku ini masih terlalu tipis dan informasi yang diberikan masih terlalu sedikit. Mungkin bisa diperbarui dengan menambah beberapa informasi terkait penipuan.

Dan yang kedua dan terakhir, menurut saya segala contoh di bab 2 belum banyak dijumpai di Indonesia, meski samar-samar memang ada yang mirip dengan skenario yang dijelaskan.

Alangkah baiknya jika contoh yang diambil berasal dari kegiatan tipu-menipu di Indonesia. Kalau pun dibahas, jumlah contohnya masih sedikit sekali.

 

Penilaian

 

Saya memberi nilai 71 untuk buku Berbohong dan Menjadi Kaya.

Karena ebook ini gratis, bukan ide buruk jika Anda mengunduh dan menambah daftar bacaan. Sangat cocok untuk dibaca di waktu-waktu luang singkat yang Anda miliki.

Jadilah pengikut atau subscriber agar tidak ketinggalan ulasan-ulasan buku dari Shiq4 di masa mendatang.

Semoga hari Anda menyenangkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *