Resep Natal Minuman Gløgg

 

 

Malam tadi kami membuat minuman tradisional untuk mengisi hari Natal. Semua bahan kami persiapkan agar minuman ini menjadi terasa lebih enak, bahan-bahan atau rempah organik agar menghasilkan kualitas minuman yang baik.

 

Minuman yang diminum saat hari raya Natal, minuman ini bernama Gløgg  (wine hangat).

Caranya ternyata sangat mudah, tahap pertama cek list bahan,rasanya kurang enak kalau ada yang kurang saat pertengahan memasak.
Bahan :
1. Wine
2. Raisin
3. Cengkih
4. Daun Bay leaf
5. Jeruk Sunqist

Hal yang harus dilakukan saat memasak,tentunya gas kompor harus ada jangan sampai kehabisan.
Harus diingat,apabila anda mau memasak resep ini tidak baik mengunakan gas elpiji ukuran 3kg karena mempengaruhi rasa,pakai gas yang besar saja biar gas anda lebih hemat 🙂

Untuk buah jeruk yang akan digunakan sebaiknya organik karena kita akan menggunakan kulit luarnya juga,jadi harus bebas dari pestisida.

 

Untuk cengkih,kita gunakan buah cengkih yang sudah tua,biasanya warnanya berubah menjadi ke hitam kecoklatan,cari juga buah cengkih yang organik karena mutu kualitas terletak pada harga bahan.

Untuk wine sebagai salah satu bahan penting,pilihlah jenis wine yang sedikit keras alkoholnya karena membuat perbedaan rasa saat meminumnya nanti.

 

Langsung saja kita mulai tanpa menggunakan penyedap rasa dan gas 3 kg.

1.Rebus buah cengkih hingga masak (simpan airnya untuk persediaan apabila terlalu banyak)
2.Potong buah jeruk Sunqist melebar dan tipis (potong bersama isi jeruknya)
3. Cuci bersih daun bay leaf
4. Cuci bersih Raisin
5. Cuci bersih botol wine

Setelah semuanya bersih,panaskan wadah panas dengan api kecil,lalu masukan beberapa sendok air cengkih rebus selama beberapa menit,lalu masukan raisin,potongan jeruk tambahkan daun bay leaf. Tunggu beberapa saat,ketika semuanya mendidih serta cukup matang,masukan wine untuk berdua atau bertiga,tunggu sebentar hingga panas,angkat wadah panas tersebut dan sajikan bersama anggota keluarga anda.

 

Inilah sedikit cerita tentang kebudayaan sebelum hari Natal dimulai.

Selamat mencoba, kalau anda mempunyai menu resep natal keluarga, anda bisa berbagi resep karena itu menyenangkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »