TAMU

rakyatpunyacerita


Sekitar waktu ini di tahun 2000, seratus delapanpuluh negara menyusun Deklarasi Milenium, yang mengikat mereka untuk memecahkan masalah dunia yang paling mendesak. 


Hanya satu tujuan yang tercapai dan itupun tidak tercantum dalam daftar keberhasilan mereka:  mereka berhasil melipatgandakan jumlah konsultan ahli yang disyaratkan untuk menangani agenda berat itu. 


Menurut apa yang saya dengar di Santo Domingo, seorang konsultan ahli berhenti di sebuah peternakan ayam di pinggiran kota milik Doña María de las Mercedes Holmes, dan berkata kepadanya, “kalau saya bisa mengatakan persis berapa ayam yang anda punya di peternakan ini, bagaimana kalau satu ayam anda untuk saya?”.


Ia menghidupkan layar komputer tabletnya, menghidupkan GPS, menghubungkan dengan kamera satelit lewat handphone 3G dan menghidupkan fungsi penghitung pixelnya. 


“Anda punya seratus tigapuluh dua ayam.”


Lalu ia menangkap satu ayam.


Doña María de las Mercedes tidak mau menyerah begitu saja. 


“Kalau saya bisa menyebutkan pekerjaan anda, bagaimana kalau ayam saya anda kembalikan? oke, anda seorang konsultan internasional. saya tahu karena anda datang tanpa ada yang mengundang, anda masuk peternakan ayam saya tanpa minta ijin, anda memberitahu saya sesuatu yang saya sudah tahu, lalu anda menagih bayaran.”

Sumber Buku: Children of the Days

Pengarang: Eduardo Galeano

Penerjemah: wardah hafidz

Foto: [fiq/rid]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *