Teh dan Jaman | Rakyat Punya Cerita|Aneka Cerita

rakyatpunyacerita\anekacerita

 

Teh merupakan tanaman dari Asia Selatan-Timur, daun mudanya dapat digunakan untuk penyegar minuman. Merupakan minuman pengganti kedua setelah air putih. Air teh mempunyai rasa agak getir karena mempunyai zat penyemak, semua warga dunia telah mengenalnya sejak lama, negara Cina dan Jepang sudah menggunakan teh terlebih dahulu, sementara itu negara Eropa Barat mengenal teh tahun 1610, masuk ke Indonesia tahun 1690. Sampai saat ini penyebaran teh sudah sampai kepelosok dunia.

Teh ditanan dengan cara ditanam bijinya, secara stek ataupun okulasi. Kemudian tanamannya dibuat perdu atau diperendah ketinggiannya dengan cara dipangkas satu kali dalam waktu dua tahun, sehingga tingginya hanya mencapai 90-150cm. Daun teh yang dipetik yang berbentuk bulat, pada saat daun teh berumur tiga tahun, sedangkan umur tanaman teh dapat berproduksi sampai dengan lima puluh tahun.

Daun-daun teh yang muda dipetik dengan tangan, kemudian seketika itu juga langsung dibawa ke pabrik agar proses pemanasan, di penggiling fermentasi dan dikeringkan dalam tungku. Mungkin pada saat ini telah dilakukan proses pengerjaan yang sudah modern. Biasanya yang keluar dari mesin pengering itu merupakan teh biasa. Lalu kemudian ada proses pemilihan daun teh menurut kecil dan besarnya daun teh. Dengan demikian , kualitas teh akan bermacam-macam.

Di Indonesia minuman teh merupakan minuman sehari-hari yang sudah cukup akrab dengan lidah masyarakatnya. Hal ini terbukti ketika pada pagi hari, sore hari ada tradisi minum teh di rumah, oleh sebab itu tidak bisa dipungkiri bahwa nenek moyang kita sejak dulu telah mengkonsumsi teh dalam kesehariaannya, masih banyak peninggalan gelas-gelas teh yang unik dan umurnya sudah lama menjadi warisan dari nenek moyang. Lalu bagaimana tradisi kebudayaan di Tiongkok, acara minum teh dijadikan acara khusus dengan upacara khusus pula. Dan juga kebiasaan minum teh dari warga Eropa, sampai saat ini di Eropa mempunyai banyak jenis teh bervariasi dari campuran teh serta bau aroma teh yang sangat menyegarkan.

Dahulu belum terpikirkan bagaimana untuk membuat minuman teh ini menjadi kemasan yang siap saji, tetapi saat ini teh telah merubah wajah rasanya, bentuk, warna, serta baunya menjadi luar biasa. Dengan banyaknya merk teh dipasaran membuat komoditas teh menjadi primadona dari segala jenis umur. Minuman teh dapat bersaing dipasaran milenial dengan beraneka macam variasi campuran, jadi penikmat teh bisa merasakan segala rasa teh.

Lalu bagaimanakah proses pembuatan teh?

Cara menghidangkan Teh?

Guna lain dari Teh?

[fiq/rid]

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *