Teka-Teki Gatolotjo Bertemu Dengan Mlenuk Gembuk

rakyat.id

 

Teka-teki Gatolotjo | Dewi Mlenukgembuk.

Lokasi : Di ceritakan kemudian, Gatolotjo pergi menuju puncak Gunung Endragiri, tepatnya di Goa Siluman di tempat ini terdapat perkumpulan padepokan Tjemaradhamus.

Gadis desa melakukan pertapaan, paling cantik Retna Dewi Lupitwati,sebagai Ratu karena sangat sakti,berwibawa dan dicintai para prajurit punggawanya yaitu : Dewi Mlenuk Gembuk, Dewi Dudul Mendut, Dewi Rara Bawuk dan Dewi Bleweh.

Kebetulan semua sedang berkumpul, lalu kaget dengan kedatangan Gatolotjo. Tidak ada orang yang berani datang ke tempat tersebut.

Punggawa Tjemaradamus marah-marah melihat aksi Gatolotjo karena tingkah lakunya yang langsung saja duduk bersandar kepada para wanita.

Karakter Dewi Mlenukgembuk: Mempunyai pesona menarik hati, type pengoda. Dewi Mlenuk Gembuk  akhirnya berbicara kepada Gatolotjo , kalau dia bisa menebak pertanyaan, dia bersedia menjalankan apa saja kemauannya.

Dewi Mlenukgembuk : Ada satu pohon besar. Bercabang empat daunnya dua belas. Bunganya tak bisa dihitung. Buahnya hanya dua. Tumbuhannya hanya satu, mengelilingi delapan cabang?
Lalu Aku melihat kerbau.  Jumlahnya hanya dua. Tetapi kepalanya tiga?

Gatolotjo: Bismillah, Pohon besar hanya satu, yaitu maksudnya alam semesta. Empat cabang itu maksudnya Kiblat. Dua belas daun itu jumlahnya bulan. Tumbuh satu bercabang delapan itu tahun. Bunga tanpa hitungan bintang. Sebagai buah dua, adanya Sinar rembulan. Kamu melihat kerbau kepalanya tiga,itu sudah menjadi lumrah. Kerbau di alam dunia ini, jantan dan betina lebat bulu kepalanya.

Sumber: Tabloid Posmo 1999 #tafsirgatolotjo, #sulukGatolotjo

Karya: #Soerjanagara, #RadenNgabehiRonggowarsito, #bangsawantinggidiKediri

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *