The 25TH Meeting Of APT Wireless Group |Siaran Pers

rakyatpunyacerita|anekacerita

 

Indonesia menjadi tuan rumah The 25th Meeting of the Asia Pacific Telecommunity (APT) Wireless Group. Pertemuan rutin organisasi sektor teknologi, informasi, dan komunikasi dari 38 negara ini digelar selama lima hari dari tanggal 1 s.d. 5 Juli  2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Beberapa agenda yang akan dibahas dalam pertemuan ini antara lain Draft APT Recommendations, APT Reports, Liaison Statements untuk program-program APT Work dan ITU-R Study Groups, serta survei kuesioner terkait rencana kerja lanjutan sidang tahun sebelumnya.

Sidang terbagi menjadi 3 (tiga) Working Group (WG) sesuai sektornya masing-masing, yaitu Working Group on Spectrum Aspects (WG SPEC), Working Group on Technology Aspects (WG TECH), serta Working Group on Service and Applications (WG S&A). Khusus WG S&A ini dibawahi langsung oleh perwakilan Indonesia, Dr. Eng. Khoirul Anwar sebagai Chairman.

Dalam sidang ini, Indonesia membawa proposal inisiasi kajian terkait dengan teknologi High Altitude Platform Station (HAPS), update informasi terkait beberapa uji coba teknologi 5G (IMT-2020) yang pernah dilaksanakan di Indonesia, serta isian kuesioner terkait dengan Vehicle-Mounted Earth Station (VMES) yang beroperasi pada jaringan satelit FSS di orbit geostasioner untuk pita frekuensi Ku Band.

Khusus untuk HAPS, Indonesia memandang bahwa teknologi ini dapat menjanjikan solusi teknologi sebagai pelengkap terhadap jaringan terrestrial dan jaringan satelit. Keberadaan HAPS dapat membantu mengatasi kesenjangan digital (digital divide) serta solusi komunikasi kebencanaan untuk Indonesia yang merupakan negara kepulauan rawan bencana.

Asia Pacific Telecommunity (APT) adalah organisasi antar pemerintah yang menangani sektor teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) melalui kerja sama riset, inovasi, pembangunan kapasitas telekomunikasi, serta pengembangan infrastruktur digital di kawasan Asia-Pasifik. Bermarkas di Bangkok, Thailand, APT telah terbentuk sejak tahun 1979 sebagai hasil joint initiatives dari United Nations Economic and Social Commission (UNESCAP) dan International Telecommunication Union (ITU).

Indonesia bergabung sebagai anggota APT pada tahun 1985. Perusahaan dari Indonesia yang saat ini terdaftar sebagai anggota afiliasi adalah PT. Telkom Indonesia dan PT. Telkomsel.

Asia-Pacific Telecommunity Wireless Group (AWG) merupakan salah satu Work Programs di bawah area program kerja Radiocommunication. Area ini mengharmonisasikan persepsi dan mengembangkan proposal bersama, serta mengkaji isu-isu yang berkaitan dengan spektrum frekuensi dan teknologi nirkabel (wireless). AWG secara aktif membantu negara—negara anggota memaksimalkan pemanfaatan teknologi nirkabel dalam telekomunikasi, serta memfasilitasi efisiensi penggunaan sumber daya spektrum melalui harmonisasi inisiatif regional.

Pada Mei 2019 lalu, APT Wireless Group menerima penghargaan untuk kategori “Awareness” dari International Telecommunication Union (ITU) dalam ajang 50th World Telecommunication and Inforrmation Society Day 2019 di Jenewa, Swiss. Melalui penghargaan ini, ITU mengakui AWG sebagai salah satu organisasi yang paling aktif meningkatkan kesadaran atas pentingnya international standardization, yang dibuktikan salah satunya melalui percepatan pengembangan Standard IMT-2020 (5G) dalam masa 4 tahun selama 2015-2018 menjelang World Radiocommunication Conference 2019 (WRC-19).

Sumber & Gambar:

Ferdinandus Setu
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-3504024
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *