Tubuh Bugar : Latihan Beban

Latihan Beban

 

Menentukan latihan beban, terkadang binggung untuk memulainya, terbayang pertanyaan di dalam kepala. Biasanya pertanyaan yang sering timbul dalam memulai latihan beban pertama kali tiba di Gym adalah;

Alat apa yang akan digunakan ?

Bagian otot tubuh mana yang terlebih dahulu untuk digerakan?

Berapa kali hitungan untuk mengangkat beban berat ?

Posisi seperti apa yang benar dalam mengangkat beban ?

Bagi pemula, sangat dianjurkan untuk seorang pendamping personal trainer yang tepat, handal serta berpengalaman dalam bidangnya. Agar tidak terjadi cidera dikemudian hari, tentunya akan sangat merugikan tubuh anda. Terus berolahraga dan berpikirlah anda akan mampu untuk mengalahkan rasa malas untuk memulainya. Olahraga berat bisa dilakukan oleh siapapun, asalkan anda mau dan percaya bahwa anda bisa! .

Seperti kutipan semangat  diberikan oleh Kenneth Cooper ,”Kita tidak berhenti berolahraga karena menjadi renta. Kita menjadi renta karena berhenti berolahraga,”.

Apakah latihan beban itu ?

Latihan beban merupakan latihan fisik untuk memperoleh kekuatan otot, meningkatkan masa otot, menurunkan berat lemak badan dengan program yang disesuaikan. Latihan seperti ini akan menghasilkan tubuh yang sempurna, dengan tata cara yang teratur dan benar tentunya.

Sejak kapan latihan beban populer ?

Pada era Millenial ini latihan beban sangat populer dikalangan masyarakat. Karena mereka semua mengiginkan tubuh yang sehat serta bugar. Terbukti dengan banyaknya tempat-tempat olahraga berjamuran di kota-kota besar dan di desa-desa juga sudah mulai giat berolahraga. Karena itu olahraga angkat bebabn menjadi pilihan alternatif dalam olahraga keindahan tubuh. Kenapa anda belum mencobanya, ayo lakukan segera, siapa bilang tubuh bugar itu tidak indah ?

Alat-alat apa saja yang digunakan untuk olahraga angkat beban bagi pemula ?

Untuk alat olahraga bagi angkat beban, banyak sekali dapat digunakan. Biasanya  alat-alat  yang digunakan  dumble, barble, mesin, dan juga beberapa alat baru  yang sedang trendy seperti kettle bel, vipr, sand bag dan berbagai macam bola fitness (medicine ball, slam ball dll).

Bisakah wanita profesional pilih olahraga latihan beban ?

Untuk jaman seperti sekarang ini tidak hanya laki- laki saja yang menginginkan bentuk tubuh sehat dan bugar, tetapi para wanita juga menginginkna tubuh ideal sempurna enak dipandang mata alias seksi body dan pikiran. Belakangan ini banyak peminat dari latihan beban adalah kaum hawa.

Paradigma latihan beban menjadikan kaum hawa berotot seperti laki laki, tidak lagi menjadi momok menakutkan bagi kaum hawa, mereka akan tetap untuk melakukan latihan beban karena terbukti hasilnya bagus untuk tubuh dan seksi, tetapi harus ada pendampingnya dalam berolahraga. Kebetulan saya peminat latihan beban. Dengan program latihan beban yang  sesuai dengan tujuan fitnes.

Apa saja keutungan bagi tubuh apabila kita latihan beban dengan benar dan sempurna ?

Kita akan mendapatkan tubuh ideal, indah, sehat, bugar, kuat, percaya diri, meningkatkan energi tubuh, menjaga metabolisme tubuh, menyehatkan otot, berpikiran sehat, mengurangi sakit-sakit akibat faktor cuaca dan  tentunya tubuh akan seksi seperti  yang kita inginkan. Semangat dengan kepercayaan tinggi, anda bisa mendapatkan hasil sempurna untuk tubuh anda, seperti dalam peribahasa,” Kalau panda meniti buih, selamat badan sampai keseberang,”.

 

Bagaimana jika saya pemula ?

Jika anda pemula, tidak usah untuk malu bertanya tentang olahraga beban ini. Anda bisa juga  mengetahui teknik latihan atau program latihan yang sesuai untuk anda. Sudah banyak sekali program-program berat badan, anda bisa mencari referensi di internet, youtube ataupun download aplikasinya.

Untuk latihan beban agar tidak cidera tentunya anda tidak bisa untuk melakukan hal ini sendirian, segeralah datang dan lakukan olahraga ditempat-tempat yang sudah sesuai untuk peruntukan olahraganya. Biasanya disana terdapat alalt-alat lengkap, bersih, sehat dan terbaru. Lalu tanyakanlah kepada petugas olahraga yang bertugas tentang jasa personal trainer. Tanyakan motivasi anda untuk berolahraga, kalau anda sudah cocok dengan personal trainer tersebut, mungkin saja anda bisa dilatih dengan baik sesuai dengan goal olahraga anda. Temukan pendamping olahraga anda.

 

Terimakasih telah membaca dan semoga sehat selalu, apabila ada pertanyaan silahkan isi dikolom komentar dibawah ini. Get Your Fit and Sexy Body.

Penulis : Isti/rid

 

8 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *