IndonesianEnglish

KBRI MANILA SAMBUT HUT KE 76 RI ADAKAN LOMBA DONGENG & LAGU INDONESIA

Rakyat.id
11/08/21

Rakyat.id - Manila, 10 Agustus 2021. Guna menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia sekaligus mendukung upaya internasionalisasi bahasa Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Filipina menyelenggarakan lomba mendongeng dan menyanyi lagu Indonesia secara daring.  

Dalam rangka menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia, KBRI Manila ingin memperkenalkan budaya Indonesia, khususnya bahasa Indonesia kepada warga negara Filipina melalui lomba mendongeng dan menyanyi lagu Indonesia. Mereka terlihat bersemangat mengikuti kedua lomba ini dan penampilan 21 peserta lomba sangat memukau karena cukup fasih dalam menggunakan bahasa Indonesia, baik dalam bernyanyi maupun mendongeng,” ungkap Kuasa Usaha Ad Interim, KBRI Manila, Widya Rahmanto saat membuka acara itu, Sabtu (7/8).

Pada kesempatan ini, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Manila Aisyah Endah Palupi mengatakan bahwa setidaknya ada 450 pelajar asing yang belajar bahasa Indonesia di sepuluh institusi pendidikan Filipina yang menjadi mitra KBRI Manila. “Meningkatnya minat untuk belajar bahasa Indonesia tahun ini, salah satu alasannya adalah pembelajaran secara daring yang diberikan oleh guru Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) atas dukungan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek,” ujar Aisyah.

Sementara itu, perwakilan Kementerian Pendidikan Filipina, Margarita C. Ballesteros, mendukung dan menyambut baik kegiatan ini. “Pertukaran budaya dan bahasa antara Indonesia dan Filipina dapat membangun hubungan yang semakin harmonis antarkedua negara,” ungkap Margarita sambil menggunakan beberapa kata bahasa Indonesia dalam sambutannya.

Aisyah menambahkan bahwa diadakannya lomba tersebut sebagai bentuk unjuk diri kemampuan bahasa Indonesia dari warga negara Filipina, khususnya mereka yang selama ini mengikuti pelatihan BIPA yang juga program Atdikbud.

Promosi bahasa Indonesia untuk warga negara Filipina akan terus diselenggarakan oleh KBRI Manila untuk mendukung upaya pemerintah dalam menduniakan bahasa Indonesia. Selain menyanyi dan mendongeng, warga negara Filipina juga berpartisipasi dalam lomba membuat infografik dan lomba pidato tentang Indonesia yang akan diselenggarakan pada tanggal 13 Agustus mendatang,” pungkas Aisyah.

Sumber & Foto: (KEMENDIKBUDRISTEK RI).

[RID/fiq]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
© PT. Aliansi Rakyat Multimedia Indonesia 2021
userusersmagnifiercrossmenuchevron-down
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x