Kenapa Saya Menulis 3/

Rakyat.id
20/09/22

 

Pertama-tama, sebuah pengakuan: sejak bayi, saya ingin menjadi pemain sepakbola. dan saya jago, terbaik dari yang terbaik, nomor satu, tetapi itu hanya dalam mimpi, saat saya tidur.

Ketika bangun, setelah mencoba beberapa langkah dan menendang kerikil di trotoar, saya yakin sepakbola bukan jalan saya. jelas: saya tak punya pilihan kecuali mencoba profesi lain. saya mencoba beberapa, tanpa hasil, sampai akhirnya saya mulai menulis, untuk melihat apakah saya bisa.

Saya mencoba, dan masih tetap mencoba, untuk belajar terbang dalam kegelapan, seperti kelelawar, di masa yang suram ini.

Saya mencoba, dan masih tetap mencoba, untuk mengakui bahwa saya tak bisa netral dan obyektif, mungkin karena saya menolak untuk menjadi objek, yang abai terhadap hasrat manusia.

Saya mencoba, dan masih tetap mencoba, untuk menulis tentang perempuan dan laki2 yang peduli kepada keadilan dan rindu akan keindahan, melampaui batas waktu dan peta, karena mereka adalah rekan sebangsa dan sejaman saya, di mana pun mereka dilahirkan, di manapun mereka tinggal.

Saya mencoba, dan masih tetap mencoba, untuk tetap berkeras kepala percaya, terlepas dari semua pertanda, bahwa kita, manusia kecil, yang mungkin telah dibuat dengan sangat buruk, sebetulnya belum selesai. dan saya juga tetap percaya bahwa pelangi manusia memiliki lebih banyak warna dan kecemerlangan daripada pelangi di langit, tetapi kita buta, atau lebih tepatnya dibutakan, oleh tradisi yang telah sangat lama memutilasi kita.

Alhasil, saya akan mengatakan bahwa saya menulis untuk mencoba membuat kita bisa mengalahkan rasa takut salah, atau takut dihukum karena menentukan keberpihakan dalam pertempuran abadi antara yang menghinakan dan dihinakan.

Pengarang Buku: Eduardo Galeano

Sumber Buku: El Cazador De Historias

Terjemahan Buku : Pemburu Rawi

Penterjemah: wardah hafidz


[rakyatid]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
© PT. Aliansi Rakyat Multimedia Indonesia 2021
userusersmagnifiercrossmenuchevron-down
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x