IndonesianEnglish

KOMPETISI NASIONAL PESERTA DIDIK KEBUTUHAN KHUSUS

Rakyat.id
28/09/21

Rakyat.id - Jakarta, 25 September 2021. -Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) menjadi sebuah  implementasi pengembangan prestasi olahraga pada pendidikan khusus. KOSN memberi peluang pada siswa berkebutuhan khusus untuk berprestasi mengembangkan talenta mereka ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu berkompetisi di dunia olahraga khusus untuk penyandang disabilitas. KOSN PDBK tahun 2021 diikuti oleh peserta didik pada satuan pendidikan khusus jenjang SDLB/SMPLB/SMALB dan satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif jenjang SD/SMP/SMA/SMK/Pendidikan Masyarakat/Program Paket yang sederajat. Ada sembilan lomba yang dikompetisikan dalam KOSN PDBK 2021 dengan total 54 medali yang diperebutkan oleh para peserta.

Kesembilan lomba tersebut adalah:
1.    Lempar Bola Kasti Putra jenjang SDLB/SD sederajat, jenis kekhususan Tunanetra        
2.    Tolak Peluru Putri jenjang SDLB/SD/sederajat, jenis kekhususan Tunarungu
3.    Bocce Putri jenjang SDLB/SD/sederajat, jenis kekhususan Down Syndrome
4.    Bocce Putri jenjang SMPLB/SMALB/SMP/SMA/sederajat, jenis kekhususan Tunanetra
5.    Tenis Meja Putra jenjang SMPLB/SMALB/SMP/SMA/sederajat, jenis kekhususan Tunarungu
6.    Bulutangkis Putra jenjang SMPLB/SMALB/SMP/SMA/sederajat, jenis kekhususan Tunagrahita/Autis
7.    Lompat Jauh Putri Tanpa Awalan jenjang SMPLB/SMALB/SPPI/sederajat, jenis kekhususan Tunagrahita/Autis
8.    Bola Basket Putra jenjang SMPLB/SMALB/SMP/SMA/sederajat, jenis kekhususan Tunadaksa
9.    Balap Kursi Roda Putri jenjang SMPLB/SMALB/SMP/SMA/sederajat, jenis kekhususan Tunadaksa

Sebanyak 244 siswa berkebutuhan khusus dari 34 provinsi melakukan registrasi dan mengunggah dokumen keabsahan secara daring untuk mengikuti KOSN PDBK 2021. Dari jumlah tersebut, sebanyak 238 peserta dinyatakan lulus uji keabsahan.

Para peserta mengirimkan video berupa keterampilan dasar yang menunjukkan ketangkasan pribadi pada jenis lomba yang diikuti. Misalnya pada Lomba Bocce, video menampilkan peserta sedang melemparkan bola untuk menyentuh atau mendekati bola putih (palina). Pada Lomba Tenis Meja, peserta memperlihatkan beberapa keterampilan, antara lain melambungkan bola dan teknik backhand serta forehand. Kemudian pada Lomba Basket, video menampilkan peserta melakukan shot dan drible. Selanjutnya tim juri melakukan penilaian dengan melihat video karya lomba yang dikirimkan peserta. Penilaian atau penjurian tersebut berlangsung pada 22 s.d. 25 September 2021.

Pengumuman KOSN PDBK 2021 diselenggarakan pada Sabtu, 25 September 2021. Sebanyak 54 medali diberikan kepada pemenang juara 1, 2, dan 3, serta juara harapan 1, harapan 2, dan harapan 3 untuk sembilan bidang lomba. Dari 54 medali yang diperebutkan dalam KOSN PDBK (Pendidikan Khusus) Tahun 2021, Provinsi Jawa Tengah berhasil menjadi Juara Umum dengan meraih 6 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu. Posisi kedua diraih Provinsi DI Yogyakarta dengan raihan 1 medali emas dan 2 medali perak. Kemudian posisi ketiga Nusa Tenggara Timur yang meraih 1 medali emas dan 1 medali perak. Para pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa medali, piala, piagam/sertifikat, dan uang kejuaraan.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi mengatakan, seluruh pemenang dan finalis KOSN diharapkan ke depannya dapat terus termotivasi untuk menjadi generasi-generasi hebat di bidang olahraga, sekaligus menjadi contoh profil Pelajar Pancasila yang siap berkontribusi untuk Indonesia maju, Indonesia yang gemilang, dan tak terbantahkan oleh dunia. Ia juga mengapresiasi peran dan kontribusi semua pihak dalam penyelenggaraan KOSN 2021.

 

Kesuksesan persiapan KOSN tidak lepas dari kontribusi berbagai pihak, antara lain para juri, para guru pelatih, para orang tua hebat yang selalu mendampingi dan memotivasi putra-putrinya untuk tetap bersemangat positif,” ujarnya saat penutupan KOSN 2021, Sabtu (25/9).

KOSN 2021 secara resmi ditutup oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. Dalam sambutannya, Mendikbudristek mengatakan, "sistem manajamen talenta yang baik akan melahirkan talenta berprestasi yang semakin banyak". Karena itulah Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional melakukan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional untuk terus meningkatkan program pembinaan prestasi dan talenta olahraga peserta didik, antara lain melalui Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN).

Mendikbudristek menuturkan, "Presiden Jokowi telah mengesahkan Desain Besar Olahraga Nasional pada peringatan Hari Olahraga Nasional 2021". Kemudian sejalan dengan visi pemerintah, Kemendikbudristek melalui Puspresnas akan terus meningkatkan kualitas talenta pelajar, salah satunya melalui KOSN. Ia yakin talenta-talenta olahraga dari generasi bangsa bisa menjadi kekuatan bangsa dan mendorong Indonesia menjadi negara yang tangguh, menjadi Indonesia yang tumbuh. “Terus semangat dan berlatih mengikuti kompetisi di ajang nasional maupun internasional. Menantang diri sendiri untuk terus berprestasi, itulah ciri juara sejati,” tutur Mendikbudristek.

KOSN 2021 mengangkat tema “Melejitkan Talenta Prestasi Olahraga Peserta Didik Untuk Indonesia Pulih”. Di bidang pendidikan khusus, KOSN PDBK menjadi ajang untuk mencetak generasi tangguh PDBK. Tidak hanya sekadar wahana berkompetisi, melainkan juga sebagai salah satu upaya penguatan pendidikan karakter sehingga PDBK mempunyai rasa percaya diri, semangat, dan optimisme untuk meraih cita-cita dan impiannya.

 

Sumber & Foto : (KEMENDIKBUDRISTEK RI)

[RID/fiq]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
© PT. Aliansi Rakyat Multimedia Indonesia 2021
userusersmagnifiercrossmenuchevron-down
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x