IndonesianEnglish

Mengapa Saya Menulis 2/

Rakyat.id
14/09/22

Mengapa Saya Menulis/2

Jika ingatan saya benar, saya pikir Jean-Paul Sartre yang mengatakan: “manusia adalah hasrat yang sia2.” dan saya rasa demikian pula menulis.

Orang menulis tanpa mengetahui dengan baik mengapa atau untuk apa, tetapi menurut saya, seharusnya menulis berkaitan dengan keyakinan terdalam kita, tema2 yang membuat kita tak bisa tidur.

Kita menulis berdasarkan keyakinan, yang tak harus selalu sepenuhnya kita percaya. saya, misalnya, keyakinan saya tergantung pada waktu.

Biasanya, sampai siang saya cukup optimis. kemudian, dari pukul dua belas siang hingga empat sore, semangat saya terjerembab jatuh. menjelang senja, ia balik, dan pada malam hari ia turun naik, beberapa kali, sampai keesokan paginya, demikian seterusnya ...

Saya sangat curiga dengan orang yang optimis sepanjang waktu. menurutku mereka korban dari kesalahan para dewa.

Menurut para dewa Maya, kita semua terbuat dari jagung, itulah sebabnya kita berbeda2 warna, seperti jagung. sebelumnya para dewa dengan bodoh mencoba beberapa resep yang hasilnya buruk.

Pernah mereka membuat manusia satu laki2 dan satu perempuan dari kayu.

Manusia2 tersebut sama seperti kita tetapi tak bisa dan tak tahu cara berkata2 karena mereka tak punya nafas. para dewa menjadi sangat bosan. saya pikir jika mereka tidak bernafas, mereka juga tak punya asa. jika mereka bernafas, mereka tak akan putus asa. keputusasaan adalah bukti bahwa seseorang memiliki nafas.

Jadi, tak masalah jika kadang semangat kita jatuh, karena itu adalah satu lagi bukti bahwa kita adalah manusia, hanya manusia yang kecil.

Dan sebagai manusia kecil, terengah di antara asa dan putus asa tergantung waktu, saya terus menulis, mempraktikkan hasrat yang tak berguna ini.

Sumber Buku: El Cazador De Historias

Pengarang Buku: Eduardo Galeano

Terjemahan Buku: Pemburu Rawi

Penterjemah : wardah hafidz


[RID]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
© PT. Aliansi Rakyat Multimedia Indonesia 2021
userusersmagnifiercrossmenuchevron-down
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x