Bahasa IndonesiaEnglish

WEBSITE RAKYAT.ID MASIH DALAM PENGEMBANGAN

RAJA KAMESWARA CARI AIR SUCI KE GUNUNG SEMERU 1182

Rakyat.id
09/07/21

Menurut Kitab Tantu Pangelaran, Gunung Mahameru adalah perwujudan dari gunung Mandara atau Himalaya di India yang dianggap suci. Oleh karena itu di sekitar Mahameru banyak ditemukan bangunan suci, pertapaan maupun pusat pendidikan para Brahmana.

Disamping itu banyak kunjungan dan ziarah suci dilakukan ke Mahameru baik masyarakat umum, kaum agamawan maupun para raja. Salah satu raja yang mengunjungi Mahameru adalah Kameswara yang merupakan cucu raja Jayabaya dari Kediri yang sangat terkenal dalam sastra Jawa.

Kunjungan monumental yang dilakukan dengan mengajak ribuan pengiring ini kemudian di tuangkan dalam goresan prasasti abadi di pinggir Ranu Kumbolo yang isinya "Link Dewa Mpu Kameswara Tirtayatra" yang berasal dari tahun 1182 Masehi.

Sepuluh tahun paska Prasasti Ranu Kumbolo ini, para brahmana di sekitar Desa Kertosari juga menuliskan prasasti yang isinya Candra Sengkala "Kaya Bhumi Shasiku" yang berarti tahun 1131 Saka atau 1191 Masehi. Oleh karena itu perjalanan raja Kameswara ini dapat dipakai sebagai penanda puncak perjalanan suci ke gunung Mahameru sejak berpuluh-puluh abad yang lampau.

Sumber & Foto: Mas Mansoer Channel

Sejarawan: Mansoer Hidayat

Narasumber: Mangku Karyono

link: https://www.youtube.com/watch?v=XwT4mfbBag4

[RID/fiq]

Jadi Warga Rakyat.id

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
© PT. Aliansi Rakyat Multimedia Indonesia 2021
useruserscrossmenuchevron-down