Sertifikat Lahan Transmigrasi Kepada Transmigran Tanah Bumbu

Rakyat.id
18/03/23

Rakyat.id - Batulicin, - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar bersama Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menyerahkan secara simbolis  sertifikat lahan transmigrasi kepada Transmigran yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (15/3/2023).

Puluhan ribu sertifikat itu untuk memberikan kepastian hukum atas kepemilikan tanah masyarakat transmigrasi di Bumi Bersujud.

"Sebanyak 11.473 lembar sertifikat, kami serahkan yang diterima secara simbolis kepada lima orang perwakilan," kata Pria yang akrab disapa Gus Halim ini saat penyerahan sertifikat di halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu disaksikan elemen masyarakat Tanah Bumbu.

Dalam sambutannya, Gus Halim menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan sertifikat tanah kepada transmigrasi. Menurutnya, selain memberi kepastian hukum kepemilikan, sertifikat lahan dapat bermaanfaat masyarakat untuk meminjam uang di bank guna permodalan usaha. Pada akhirnya membantu mempercepat pengurangan angka kemiskinan.

Namun, pembangunan kawasan transmigrasi tidak cukup pada penyerahan serifikat saja. Menurut Gus Halim, kondisi transmigrasi saat ini memerlukan perhatian dari semua sektor dengan kompleksitas masalah tidak mudah mulai dari sarana prasaran dan akses perlu perhatian khusus.

"Oleh sebab melalui program sertifikat tanah gratis dan cepat dapat memungkinkan bagi warga transmigrasi untuk meraih masa depan yang lebih baik," ujar Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Dalam acara tersebut, Gus Halim juga menyerahkan Piagam Lencana Abdi Transmigrasi kepada Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar atas kontribusinya dalam pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi di kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Gus Halim juga menyerahkan Piagam Lencana Satya Transmigrasi Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu Agus Sugiono atas dukungan percepatan penerbitan Sertifikat Hak Milik (SHM) Transmigrasi di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Dirjen PPKTrans Danton Ginting Munthe, anggota DPR Hasanuddin Wahid dan Heru Widodo serta pejabat di lingkungan Kemendes PDTT.

Selain itu, hadir juga Forkompimda Kabupaten Tanah Bumbu, Masyarakat Adat, Para Ketua Rukun Tetangga, serta Pendamping Desa.

Sumber & Foto: {Kemendes RI}


[rakyat.id]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
© PT. Aliansi Rakyat Multimedia Indonesia 2021
userusersmagnifiercrossmenuchevron-down
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x