IndonesianEnglish

Talenta Sains Muda, Peluang Baik Masa Kini

Rakyat.id
03/04/22

Rakyat.id-Cimahi.- Pandemi telah membuat banyak perubahan di berbagai sektor, tidak terkecuali di sektor teknologi. Kehadiran talenta sains muda dipandang menjadi peluang yang baik di masa ini. Mencermati kondisi tersebut, para pemangku kepentingan bidang pendidikan di Kota Cimahi menginisiasi kegiatan Diklat cIMahi sciencePREneur Stem feStival 2021/2022 (IMPRESS 2021/2022) bertempat di Gedung Techno Park, Kota Cimahi tanggal 30-31 Maret 2022.

Kegiatan ini juga salah satu yang menunjang kebangkitan sains di Indonesia, dimana kita berusaha mengembangkan sains yang kuat, dengan target nilai PISA (Programme for International Student Assessment) pada skor 500 di tahun 2025. Salah satu strateginya Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (P4TK IPA) berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten/Kota untuk penguatan literasi sains di Indonesia,” ungkap Kepala P4TK IPA, Enang Ahmadi saat memberikan sambutan di hadapan peserta festival.

Apresiasi kepada Disdik Kota Cimahi, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA Kota Cimahi, guru serta siswa yang telah bersinergi dengan baik sehingga kegiatan hari ini dapat terselenggara,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disdik Kota Cimahi, Harjono menambahkan bahwa festival ini sejalan dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang telah diterapkan di beberapa sekolah di lingkungan Disdik Kota Cimahi. “Kegiatan ini merupakan implementasi dari Merdeka Belajar dimana terjadi pembelajaran berbasis proyek yang dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menampilkan hasil belajar Sainspreuneur melalui pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) secara terintegrasi,” jelas Harjono.

Senada dengan itu, Pelaksana Tugas (Plt.) Walikota Cimahi, Ngatiyana mengungkapkan kebanggaannya serta dukungannya atas pelaksanaan kegiatan. “Kolaborasi harmonis ini menjadi momentum pengembangan potensi anak dalam bidang ilmu pengetahuan khususnya sains di Kota Cimahi,” urainya.

Ngatiyana turut berpesan untuk Disdik Kota Cimahi dapat terus mendukung pengembangan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Kota Cimahi melalui diklat yang diselenggarakan oleh P4TK IPA. "Meski di tengah suasana pandemi Covid-19, namun tidak menjadi penghalang untuk siswa di Kota Cimahi menciptakan inovasi yang bermanfaat. Kiranya para GTK di Kota Cimahi terus dapat mendorong peserta didik dapat mengembangkan kemampuannya di bidang sains dan menjadi insan yang berguna di masa depan,” tutupnya.

Penyelenggaraan festival dimaksud diharapkan dapat menjadi wadah untuk melakukan diseminasi, sosialisasi dan realisasi pendidikan dan pelatihan (diklat) yang dilakukan P4TK IPA agar menjadi aktualisasi bagi peserta didik jenjang pendidikan dasar serta menjadi ruang untuk ekspose bersama tingkat kota dan diharapkan menjadi selebrasi yang menyenangkan dalam belajar sains.

Rangkaian acara pembukaan festival diakhiri dengan kunjungan ke stan pameran yang berisikan hasil karya siswa peserta IMPRESS dari 10 Sekolah Dasar (SD) dan 45 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Cimahi yang dilakukan oleh Kepala P4TK IPA bersama Plt. Walikota Cimahi dan Kadisdik Kota Cimahi. Selain itu acara turut dimeriahkan dengan pemberian penghargaan juara IMPRESS 2022 serta demo praktikum IPA oleh Tim Modis Pisan PPPPTK IPA.

Diklat Cimahi SciencePreneur-STEM Festival (IMPRESS), merupakan kolaborasi antara P4TK IPA dengan Disdik Cimahi serta MGMP Kota Cimahi yang mengusung beberapa program unggulan P4TK IPA yaitu Sainspreuneur, STEM, dan MODIS PISAN (Mobil Pendidikan Semua Pintar Sains), yang merupakan resonansi program STEM dan Modis Pisan.

Sumber: (KEMDIKBUDRISTEK RI)

--

[RID/fiq]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
© PT. Aliansi Rakyat Multimedia Indonesia 2021
userusersmagnifiercrossmenuchevron-down
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x