, , , ,

TAMAN SARI MEGAH PARA ISTRI ARYAWIRARAJA

Arya Wiraraja pulang kembali ke Lumajang diperkirakan tahun 1294-an setelah penobatan Raden Wijaya menjadi raja Majapahit dengan gelar Kertarajasa Jayawardhana. Pengangkatan dan kepulangannya terjadi sebelum “Paranggalawe” atau Perang Ranggalawe itu sendiri yang terjadi pada 1295. Dalam membangun ibu kota Arnon,

Arya Wiraraja membangun dengan kuat dan megah sehingga menjadi satu contoh ibu kota kerajaan yang sejajar dengan Majapahit. Saat itu dibangunlah benteng-benteng kuat, Istana megah maupun Taman Sari yang luas dan asri karena jumlah istri raja-raja jaman dahulu diperkirakan ratusan disamping putri-putri yang tentu jumlahnya lebih banyak lagi.

Menurut penelitian Balai Arkeologi Yogyakarta yang melakukan penelitian intensif di Kawasan Situs Biting tahun 1980-an, luas Taman Sari ini sekitar 5 hektar.

Namun sampai hari ini, Kawasan ini belum pernah tersentuh ekskavasi maupun pemugaran sehingga hanya menjadi onggokan batu bata yang terpendam dan lama-kelamaan bisa tergerus karena ketidak-tahuan masyarakat.

Sumber & Sejarawan: (MANSOER HIDAYAT/MAS MANSOER CHANNEL)

link: https://www.youtube.com/watch?v=3QDojvsip_Y

[RID/fiq]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.