Tersedia 219 Layanan Masyarakat di Mall Pelayanan Publik | Sumbar - Kota Sawahlunto

Rakyat.id
30/09/22

SAWAHLUNTO – Pemerintah Kota Sawahlunto menunjukkan komitmen reformasi layanan masyarakat dengan membangun Mal Pelayanan Publik (MPP). Tersedia 219 jenis layanan dari 25 instansi yang siap melayani masyarakat dari dalam maupun luar Kota Sawahlunto.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dijadwalkan akan meresmikan MPP Kota Sawahlunto pada Senin (26/09). Peresmian juga akan dilakukan bersama Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah dan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta. MPP ke-5 di Sumatra Barat ini akan menjadi MPP pertama yang diresmikan Menteri Azwar Anas semenjak dilantik menjadi Menteri PANRB pada 7 September 2022 lalu.

MPP Sawahlunto siap melayani kebutuhan layanan perizinan, non-perizinan, serta administrasi kependudukan masyarakat. Sejumlah unit layanan dari organisasi perangkat daerah (OPD), instansi vertikal, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan swasta telah bergabung di MPP ini

“Masyarakat Kota Sawahlunto akan segera menikmati pusat pelayanan yang modern, cepat, terintegrasi, terjangkau, aman, dan nyaman,” ujar Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa.

Pembangunan MPP tidak hanya soal kuantitas instansi atau jenis layanan yang tergabung. Untuk menunjang berbagai pelayanan yang ada, MPP Sawahlunto menyediakan sarana prasarana pendukung demi kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna layanan.

Sarpras pendukung yang ada seperti balai nikah, ruang pelayanan kesehatan, ruang bermain anak, sistem antrean berbasis web, kafe, pantry, parkir umum, ruang rapat, ruang pengaduan/konsultasi, ruang tunggu, wifi, dan pusat ATM. Fasilitas untuk kaum rentan seperti lansia, kaum disabilitas, atau ibu hamil dan menyusui pun dikedepankan. MPP Sawahlunto menyediakan ruang laktasi, kursi roda, jalur landai, ruang tunggu disabilitas, toilet khusus disabilitas, loket khusus disabilitas, serta parkir khusus disabilitas.MPP Kota Sawahlunto merupakan MPP ke-68 di Indonesia. Dengan memanfaatkan gedung eks Pasar Songket Silungkang, MPP Kota Sawahlunto berdiri di Jalan Lintas Sumatera, Desa Muarokalaban, Kecamatan Silungkang, dengan luas lantai dasar 1.300 meter persegi. Masyarakat Kota Sawahlunto dapat mengunjungi MPP pada hari Senin-Kamis pukul 08.00-16.00 WIB dan di hari Jumat pukul 09.00-16.30 WIB.

Instansi yang tergabung dalam MPP Kota Sawahlunto

  1. Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Samsat Kota Sawahlunto
  2. Kejaksaan Negeri Sawahlunto
  3. Kantor Imigrasi TPI Kelas I Padang
  4. Polres Sawahlunto
  5. Kantor Pelayanan Pajak Pratama
  6. Kantor Kementerian Agama Sawahlunto
  7. PT Taspen (Persero)
  8. Badan Narkotika Nasional
  9. Kantor Pertanahan Sawahlunto
  10. Bank Nagari Sawahlunto
  11. BPJS Kesehatan
  12. BPJS Ketenagakerjaan
  13. PT Pos Indonesia
  14. BAZNAS
  15. PDAM Kota Sawahlunto
  16. Badan Keuangan dan Aset Daerah
  17. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  18. LPSE Kota Sawahlunto
  19. PPID Kota Sawahlunto
  20. PT PLN (Persero)
  21. Layanan Informasi Notaris dan PPAT
  22. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga
  23. Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto
  24. Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kota Sawahlunto
  25. Pengadilan Negeri Sawahlunto

Sumber & Foto: {KEMENPANRB RI}


[rakyatid]

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
© PT. Aliansi Rakyat Multimedia Indonesia 2021
userusersmagnifiercrossmenuchevron-down
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x