GBC MALINDO 2023

Rakyat.id
14/10/23
Rakyat.id - Jakarta. – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto selaku Ketua GBC Indonesia dan Menteri Pertahanan Malaysia Yang Terhormat Dato’ Seri Utama Haji Mohamad bin Haji Hasan selaku Ketua GBC Malaysia, bertemu dalam Pertemuan Malaysia-Indonesia General Border Committee (GBC MALINDO) ke-43 di The St. Regis, Jakarta, Kamis (12/10).
Pertemuan tersebut terlaksana dengan lancar dan sukses dalam semangat persahabatan, kehangatan, pengertian dan bertetangga yang baik.
“Kami berkomitmen menjaga perdamaian keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan kedua negara,” kata Menhan Prabowo.
Menhan Prabowo menyampaikan bahwa salah satu capaian penting yang patut disoroti adalah keberhasilan patroli bersama antara instansi kedua negara melalui mekanisme coordinated patrol. Selain itu, kedua negara juga berhasil mengaktifkan kembali pos perbatasan bersama antara angkatan bersenjata Malaysia dan TNI setelah pandemi Covid-19.
Tidak hanya itu, kedua negara juga berhasil mendorong kegiatan pengelolaan perbatasan dan inisiatif pengelolaan sosio ekonomi di wilayah perbatasan Indonesia.
“Kerja sama dan hubungan erat antara Indonesia dan Malaysia sangat memberikan manfaat yang besar terhadap kedua negara dalam menjaga keamanan dan keselamatan di kawasan. Kami bertekad hubungan baik ini akan kami tingkatkan untuk mengokohkan kerja sama agar maksimal,” tutur Menhan Malaysia
Sidang ke-43 GBC Malindo ini juga diisi dengan kegiatan peluncuran buku 50thn GBC Malindo. Buku ini m mencatat sejarah pertemuan dan pencapaian GBC Malindo selama setengah abad dan menggambarkan bagaimana kerja sama Indonesia dan Malaysia telah mengatasi berbagai tantangan dan ancaman yang perlu diperhatikan.
Sumber & Foto: {KemHAN RI}
-----------
[rakyat.id]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
© PT. Aliansi Rakyat Multimedia Indonesia 2021
userusersmagnifiercrossmenuchevron-down
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x