Kegiatan Penerbitan Pemanfaatan Ruang di Prov Jawa Timur

Rakyat.id
14/06/23

Rakyat.id - Surabaya. -Telah berlangsung kegiatan pengarahan yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur dalam rangka pelaksanaan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) dan Pertimbangan Teknis Pertanahan (PTP) untuk kegiatan penerbitan KKPR di Provinsi Jawa Timur pada Rabu (07/06) secara daring.

Kegiatan pengarahan diawali dengan sambutan dan arahan oleh Direktur Sinkronisasi Pemanfaatan Ruang, Rahma Julianti. Ia mengatakan bahwa KKPR ini menjadi sebuah terobosan yang dilakukan oleh pemerintah pasca ditetapkannya Undang-Undang tentang Cipta Kerja yang di dalamnya memuat percepatan investasi, salah satunya melalui penyederhanaan perizinan dasar.

"Ini menjadi tantangan kita bersama dalam mempercepat penerbitan KKPR yang salah satu upayanya adalah dengan mendorong sebanyak mungkin penyusunan RDTR. Dengan adanya RDTR yang terintegrasi dengan sistem OSS, proses penerbitannya akan lebih cepat karena dikerjakan melalui sistem," ujar Rahma Julianti.

Rahma Julianti menambahkan bahwa dalam proses penerbitan KKPR ini sangat membutuhkan bantuan dan kolaborasi bersama Kantor Pertanahan, karena Pertimbangan Teknis Pertanahan menjadi salah satu hal yang diperhatikan sebelum diterbitkannya KKPR.

Acara dilanjutkan dengan paparan dari Kepala Bagian Keuangan dan Umum, Hendro Pratikno selaku narasumber pertama. Dalam paparannya ia membahas sistem aplikasi GISTARU dan Integrasi Aplikasi dalam pelaksanaan kegiatan KKPR, dan dilanjutkan dengan sosialisasi terkait Surat Edaran Sekretaris Jenderal Nomor 1/SE-KU.01.04/I/2023 tanggal 9 Januari 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Anggaran Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang pada DIPA Kantor Wilayah dan/ atau Kantor Pertanahan di Lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, serta menjelaskan tentang mekanisme pemenuhan kekurangan pembayaran PNBP dan pengembalian kelebihan bayar PNBP KKPR.

Narasumber kedua, ialah Kepala Sub Direktorat Sinkronisasi Pemanfaatan Ruang Wilayah II Direktorat Sinkronisasi Pemanfaatan Ruang Sri Damar Agustina. Dalam paparannya ia menyampaikan terkait mekanisme Tata Cara Kerja (TCK) Pelaksanaan Swakelola Tipe I untuk kegiatan
Bimtek KKPR yang bersumber dari DIPA Kanwil dan monitoring pelayanan penerbitan KKPR oleh Kantor Pertanahan yang bersumber dari DIPA Kantah.

Narasumber terakhir oleh Kepala Sub Direktorat Layanan dan Pengembangan Penatagunaan Tanah, Direktorat Penatagunaan Tanah, Muharam Bayu Tri Nugroho. Ia menjelaskan terkait Pertimbangan Teknis Pertanahan (PTP) untuk kegiatan KKPR serta berdiskusi dengan peserta yang hadir mengenai kendala dalam pelayanan Pertimbangan Teknis Pertanahan di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur yang diantaranya PTP untuk kegiatan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan proses terkait skema penerbitan PTP.

Pengarahan dimoderatori oleh Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, Muhammad Arifin Siregar serta dihadiri oleh Kantor Pertanahan se-Provinsi Jawa Timur, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu se-Provinsi Jawa Timur, dan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Timur.

Sumber & Foto: {KemenATR/BPN RI}


[rakyat.id]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
© PT. Aliansi Rakyat Multimedia Indonesia 2021
userusersmagnifiercrossmenuchevron-down
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x