IndonesianEnglish

Porsenikab Lapas Namlea

Rakyat.id
06/08/22

Rakyat.id - Namlea,-Hiburan menarik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kembali disajikan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Namlea. Keseruan kali ini tampak dalam final lomba gawang mini pada Pekan Olahraga, Senin, Intelektual, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara (Porsenikab) menyongsong Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-77 Tahun 2022 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di lapangan Lapas Namlea, Kamis (4/8).

Kepala Subseksi (Kasubsi) Pembinaan Lapas Namlea, Mustafa La Abidin, yang bertindak sebagai wasit memberikan pengarahan sebelum pertandingan dimulai. “Tetap jaga sportivitas selama bertanding. Menang kalah itu biasa yang penting semarak dan semangat kebersamaan yang merupakan tema HDKD dapat dimaknai dengan baik sebagai salah satu hari paling bersejarah bagi Kemenkumham,” ujar Mustafa.

Tak ketinggalan, Tersih Victor Noya selaku Pelaksana Harian (Plh) Kepala Lapas (Kalapas) Namlea mengapresiasi keseriusan WBP sepanjang perlombaan. Ia juga berharap nantinya lewat gelaran Porsenikab dapat memberi semangat baru bagi WBP dalam mengikuti berbagai program pembinaan yang dilaksanakan di Lapas Namlea.

“Tetaplah berkreativitas dan terus berkarya, jadikan momen Porsenikab sebagai ajang mengembangkan potensi diri lewat bakat dan keterampilan yang dimiliki. Jangan jadikan jeruji besi sebagai penghalang, tapi jadikan tempat ini sebagai awal untuk menjadi manusia yang lebih baik,” pesannya.

Peluit wasit sebagai tanda kick off pun dimulai dan membuat laga final berjalan sengit sepanjang pertandingan. Selama 2x20 menit pertandingan tim dari Blok Borneo akhirnya tampil sebagai juara Gawang Mini Porsenikab 2022 dan mengalahkan tim Blok Celebes dengan skor tipis 1-0.

Sementara itu, puluhan WBP di Lapas Kelas IIB Piru antusias mengikuti lomba tarik tambang, Jumat (5/8). Hal tersebut disampaikan Kasubsi Keamanan Lapas Piru, Gander Siyahailatua selaku koordinator lomba.

 

“Lomba tarik tambang ini digelar dalam rangka meyemarakkan HDKD Ke-77. Selain itu untuk refreshing juga bagi WBP dan alhamdulillah mereka pun sangat antusias dalam kegiatan ini,” ungkap Gander.

Lebih lanjut, dijelaskan Gander bahwa lomba tarik tambang diikuti oleh WBP dan timnya berasal dari gabungan beberapa kamar dari Blok A dan Blok B. Terlihat uji kekompakan, kerja sama, dan strategi antartim agar dapat memenangkan pertandingan. Sementara bagi WBP yang tidak ikut bermain, mereka tetap memberikan dukungan dan semangat kepada sesama teman kamarnya.

Pada kesempatan yang sama Kalapas Piru Taufik Rachman menyampaikan kegiatan perlombaan ini dilakukan untuk mempererat  tali silaturahmi dan rasa kekeluargaan sesama WBP Lapas Piru. “Perlombaan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri, rasa kebersamaan terhadap satu sama lain, juga sebagai wahana untuk mengaktualisasikan bakat yang dimiliki WBP sekaligus memacu diri untuk rajin berolahraga,” terang Taufik.

Ia berpesan kepada seluruh peserta untuk menaati segala peraturan yang berlaku selama pertandingan. “Harus diingat, tujuan diadakannya perlombaan ini bukan sebagai ajang adu kekuatan atau menunjukkan siapa yang paling hebat, namun sebagai ajang memupuk kebersamaan, kekompakan, dan mengajarkan untuk bersikap sportif guna memeriahkan HDKD Ke-77,” tandasnya.

Sumber & Foto : (KEMEKUMHAM RI)


/RID

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
© PT. Aliansi Rakyat Multimedia Indonesia 2021
userusersmagnifiercrossmenuchevron-down
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x