TRANSFORMASI TEKNOLOGI 3D CADASTRE UNTUK PEMETAAN PEMBANGUNAN

Rakyat.id
14/11/21

Rakyat.id - Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Salah satu upayanya dengan melakukan transformasi teknologi dalam bidang pemetaan, yakni melalui rencana penerapan 3D Cadastre.

Untuk membuka ruang diskusi, Kementerian ATR/BPN melalui Direktorat Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang (Ditjen SPPR) bersama Kadaster International Netherlands melaksanakan kegiatan webinar series "3D Cadastre─║", Kamis (11/11/2021).

Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto, menyampaikan apresiasi dengan terselenggaranya webinar ini. Ia mengharapkan jika seluruh peserta yang mengikuti webinar dapat menyerap ilmu serta menerapkannya sehingga Indonesia akan menjadi jauh lebih baik, khususnya di bidang kadaster.

"Saat ini Kementerian ATR/BPN sedang memperbaiki sistem kadaster di Indonesia. Jadi, menurut saya webinar ini sangat tepat untuk mendapatkan beberapa pandangan khususnya dari Kadaster International Netherlands," ungkapnya.

Tri Wibisono selaku Direktur Pengukuran dan Pemetaan Kadastral menjelaskan, jika webinar series "3D Cadastre" yang dilaksanakan sebanyak tiga kali pada 11, 23, dan 30 November 2021, merupakan bentuk kerja sama antara Kementerian ATR/BPN dengan Kadaster International Netherlands. Salah satunya dalam rangka tindak lanjut program transformasi digital yang merupakan salah satu dari tujuh program strategis di Kementerian ATR/BPN.

"Webinar ini difokuskan ke dalam beberapa hal, yaitu public trust and legal issue for 3D land administration, data modelling options for 3D land administration, serta 3D data capture technologies and developments. Ini dapat dijadikan momentum untuk bisa berkontribusi terhadap masa depan Indonesia sehingga diharapkan mampu mengembangkan administrasi lahan 3D berdasarkan persepsi sesuai dengan administrasi pertanahan yang dilaksanakan oleh Kementerian ATR/BPN di Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, Tri Wibisono berharap kolaborasi antara Kementerian ATR/BPN dengan Kadaster International Netherlands ini dapat mewujudkan tujuan bersama untuk administrasi pertanahan yang lebih baik dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, serta dapat memetakan semua bidang tanah pada tahun 2025 sesuai dengan rencana strategis Kementerian ATR/BPN 2020-2024.

Kees de Zeeuw, Direktur Kadaster International Netherlands, menuturkan bahwa meskipun di tengah pandemi, tetap harus dicari cara untuk dapat bekerja sama serta berdiskusi khususnya terkait dengan webinar ini. "Saya berharap webinar ini dapat menghasilkan suatu gagasan baru sehingga bisa juga bertukar pikiran, pengalaman, serta pengetahuan yang baik,".

Sumber & Foto: (KEMEN ATRBPN).

[RID/fiq]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
┬ę PT. Aliansi Rakyat Multimedia Indonesia 2021
userusersmagnifiercrossmenuchevron-down
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x